Indahnya Perjalanan Mualaf Reza Rahadian, Tanpa Intrik dan Penuh Toleransi
Reza Rahadian (Foto: IG @henny_pilarez)

Bagikan:

JAKARTA - Ada kisah indah di balik perjalanan mualaf Reza Rahadian. Lahir dan besar di keluarga Kristen, Reza menceritakan pencarian Tuhan yang dia yakini kepada Daniel Mananta. 

"Transisi gua bukan karena alasan apapun selain daripada keyakinan yang gue rasa itu dialog gue dengan Tuhan. Dibesarkan sebagai nasrani, gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gue di gereja waktu itu," kata Reza dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Sabtu, 10 April. 

Bintang film Perempuan Berkalung Surban ini meyakini keyakinan memeluk Islam karena panggilan Allah. Bukan karena alasan pasangan sebagaimana jamak terjadi di masyarakat.

"Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi, atau paksaan dari orang sekitar atau orang-orang terdekat yang mungkin mengajak. Nggak sama sekali. Tapi itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas dan komunikasi dengan nyokap gua. Karena itu gue komunikasikan ke Nyokap," katanya.

Reza semakin mantap menjadi mualaf ketika Sang Ibu, Pratiwi Widantini Matulessy tidak memberikan pertentangan. Semua keputusan murni keputusan Reza, tanpa ada intrik dalam keluarga.

"'Ma kayaknya Kakak punya...' belom selesai gue ngomong, you know what? 'Itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesen Mama satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik'. That's it, udah, nggak ada perdebatan, nggak ada pertengkaran," tambahnya.

Hingga saat ini Reza mengaku masih belajar tentang Islam. "Jadi, gue enggak bisa bilang, gue sudah menjalankan ajaran agama gue dengan baik, dengan yang seharusnya. Salat yang bolongnya banyak itu adalah definisi gue ketika gue berbicara agama yang gue yakini, gue jalani," ungkap Reza Rahadian.