Hanya Kematian yang Memisahkan, Pangeran Philip adalah Cinta Pertama dan Terakhir Ratu Elizabeth
Ratu Elizabeth Inggris dan Pangeran Philip (Foto: Twitter @RoyalFamily)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Mounbatten sering disebut pasangan kerajaan paling romantis. Bagaimana tidak, Pangeran Philip adalah cinta pertama dan terakhir sang Ratu. Sejak bersama, mereka tak pernah terpisahkan. 

Ratu Elizabeth pertama kali bertemu dengan Pangeran Philip di pernikahan Putri Marina, sepupu Philip pada tahun 1934. Sejak pandangan pertama, Ratu Elizabeth sudah tertarik dengan Pangeran Philip. Elizabeth yang baru berusia 13 tahun termasuk berani dan agresif karena mengirimkan surat untuk Pangeran Philip.

Mereka berdua saling bertukar surat dan Elizabeth mulai merasa jatuh cinta kepada sang Pangeran. Raja George mengetahui gelagat romansa antara putrinya dengan Pangeran Philip. Dia meminta pertunangan ditunda sampai dengan masing-masing dewasa. 

Ternyata, Pangeran Philip dan Elizabeth sempat melakukan pertunangan diam-diam pada tahun 1946. Raja George lantas meminta Pangeran Philip dan Elizabeth bertunangan secara resmi pada 9 Juli 1947.

Untuk menjadi pasangan calon Ratu Inggris, Pangeran Philip harus mengorbankan gelar bangsawan Yunani dan Denmark yang melekat padanya. Selain itu, karena terikat aturan kerajaan, mereka berdua tidak boleh menunjukkan kemesraan di depan umum. 

Tanpa merasa berat hati sang Pangeran melakukannya, keduanya lalu resmi menikah pada 20 November 1947. Elizabeth menuliskan surat kepada ibunya bahwa menurutnya di hari itu semua keberuntungan jatuh ke tangannya.

Lima tahun setelah menikah, Raja George meninggal dunia dan mengharuskan Elizabeth naik tahta. Padahal Pangeran Philip berencana mengejar kariernya di angkatan laut. Oleh karena itu ia sempat merasa tidak bahagia harus melepas kariernya, dan pindah ke Istana Buckingham untuk menjadi pendamping Ratu. 

Ia juga sempat merasa kesulitan menjalani statusnya sebagai pendamping Elizabeth, perempuan paling berkuasa di Inggris Raya. Namun, dia bertahan dan menerima statusnya sebagai pendamping Ratu dan menjalani perannya sebagai Duke of Edinburgh. 

Dalam pernikahan mereka, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dikaruniai empat orang anak, delapan cucu, dan delapan cicit.  Jumat, 9 April, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun.