Bagikan:

YOGYAKARTA – Bepergian bersama anak-anak perlu perencanaan yang matang. Ketika destinasi atau tempat tujuan sudah ditentukan, perlu menciptakan kenangan yang menyenangkan. Berikut kesalahan yang harus dihindari saat bepergian bersama anak-anak.

1. Memesan tempat duduk terpisah

Anak-anak membutuhkan dampingan dari orang tua, apalagi saat dalam perjalanan. Ini karena pengalaman anak-anak yang terbatas, belum lagi harus bertemu dengan penumpang lain apabila memakai transportasi publik. Jadi disarankan untuk memesan tempat duduk sebelah-sebelahan. Hindari memesan tempat duduk terpisah supaya bisa dengan mudah memastikan aman dan nyaman.

2. Tak membawa makanan untuk bekal

Saat bepergian, tidak ada yang lebih buruk daripada anak rewel dan lapat. Ditambah lagi faktanya bahwa makanan di pesawat belum tentu disukai anak. Untuk mencegah anak menangis dan tantrum, kesalahan ini harus dihindari. Orang tua perlu membawa camilan favorit mereka dan keluarkan saat mereka lapar.

kesalahan yang harus dihindari saat bepergian bersama anak
Ilustrasi kesalahan yang harus dihindari saat bepergian bersama anak (Freepik/Arif Hakim NH)

3. Tak membawa pakaian ganti cukup

Anak-anak membutuhkan pakaian ganti lebih banyak daripada orang dewasa. Ini karena anak-anak pasti akan lebih kotor, misalnya setelah habis makan, ia perlu ganti pakaian karena belepotan. Melansir Parents, direkomendasikan membawa satu set pakaian ekstra saat bepergian jauh.

4. Mengabaikan jet lag

Jet lag pada orang dewasa bukanlah hal yang biasa dianggap enteng. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Orang tua dan anak-anak direkomendasikan untuk tidur siang sebentar sebelum melanjutkan rencana hari tersebut. Karena saat kelelahan bukan waktu yagn tepat untuk dihabiskan mengunjungi bebeberapa destinasi meskipun tempat tersebut indah atau ada atraksi menarik.

5. Tak membawa obat

Anak-anak sering jatuh sakit. Saat tidak berada di rumah, artinya harus ke apotek untuk membeli obat yang diperlukan dan biasanya diminum untuk mengatasi penyakit tertentu. Maka penting diingat, saat bepergian siapkan dan bawa juga obat-obatan untuk anak-anak atau dari resep dokter.

6. Mengabaikan minat anak-anak Anda

Ketika merencanakan perjalanan, mungkin orang tua bertanya “Apakah tempat yang ditujua ramah anak?”. Tentu saja, aktivitas tertentu lebih ramah anak dan liburan keluarga. Tetapi jangan lupa, perhatikan dan akomodir apa yang diminati anak-anak Anda dalam rencana perjalanan.

7. Kemalaman makan malam

Sore hari adalah waktu paling tepat saat berlibur dengan anak-anak. Apalagi kalau sedang mengejar diskon. Kalau mulai menyiapkan makan dan memilih tempat makan kemalaman, anak juga akan lebih malam jam tidurnya. Ini tidak akan membuat perjalanan nyaman bagi mereka.

8. Kurang riset

Penting sekali mengetahui apa yang akan dilakukan bersama keluarga saat liburan dan bepergian. Misalnya, karena kurang riset memilih resort yang tidak menyediakan fasilitas yang ramah anak. Maka dari itu, penting cukup riset supaya anak-anak merasa nyaman saat bepergian. Dengan begitu, liburan bersama buah hati akan menyenangkan.

Selain daftar kesalahan yang harus dihindari saat bepergian bersama anak seperti penjelasan di atas, jangan sampai tidak merencanakan pemberhentian di rest area untuk perjalanan darat. Selain mampir untuk istirahat, juga temukan tempat anak untuk sejenak bermain supaya tidak rewel.