6 Kesalahan dalam Membuat Salad Sayuran yang Perlu Dihindari
Ilustrasi membuat salad (Pexels/The Lazy Artist)

Bagikan:

JAKARTA -  Pada umumnya, salad diharapkan memiliki cita rasa yang ringan, segar, dan kaya nutrisi. Tetapi faktanya banyak yang membuat salad dengan hasil sebaliknya. Rasa yang membikin tubuh lemas, kurang segar, dan disajikan bersama makanan yang enggak imbang.

Berdasarkan rekomendasi Claire Saffitz dan Alfa Muzio, dilansir Bon Appétit, Rabu, 18 Agustus, berikut kesalahan yang perlu dihindari ketika membuat salad.

1. Pilih sayuran musiman

Dari berbagai sayuran hijau, termasuk arugula, kale, dan romaine, baiknya Anda menjelajahi pasar petani untuk menemukan sayuran berdaun musiman. Untuk basis salad, Anda bisa memilih microgreen, baby kale, selada, dan chicory.

Bagi yang menyukai banyak tekstur, tambahkan bahan lain seperti wortel, timun, dan paprika. Sayuran musiman direkomendasikan, sebab lebih segar daripada melakukan kesalahan dengan memilih sayuran yang disimpan beku. Selain itu, nutrisi juga masih segar terkandung dalam seluruh irisan sayuran untuk salad.

2. Cukup disiapkan dengan mencuci

Setelah membeli sayuran, cuci item bahan salad dan lalu keringkan sisa air cucian yang menempel. Kemudian potong jika terlalu besar ukurannya lantas siap disantap.

3. Pakai bumbu ringan

Banjir bumbu justru melemahkan rasa sayuran basis salad dan tambahan tekstur. Anda cukup menambahkan dengan merica, sedikit garam halus, dan air perasan lemon.

Jika menyukainya, tambahkan mustard serta minyak zaitun. Maka Anda tidak membutuhkan keribetan membuat saus untuk salad sayuran segar.

4. Pertimbangkan dressing

Tekstur arugula yang lembut tidak akan pas jika diberi dressing mayonnaise yang pekat dan kental, hindari kesalahan tersebut. Pilih dengan dressing saus yang ringan. Untuk mencampurkan dengan saus, agar tekstur kesegaran sayuran tidak rusak, campurkan sedikit demi sedikit.

Sedikit saus dulu, lalu tambahkan sesuai rasa yang diinginkan. Terakhir, siap disajikan dengan penampilan yang rapi serta citarasa sempurna.

5. Alat untuk mencampur salad dan dressing

Tangan Anda adalah alat pencampur salad yang paling sabar. Sebab salad perlu dicampurkan secara ringan dan dengan permukaan lapang. Disamping itu, tangan tidak akan membuat lembaran sayuran jadi memar.

6. Tambahkan toping terpisah

Jika salad disajikan untuk hidangan tamu, pisahkan toping. Jika untuk dikonsumsi sendiri, Anda bebas kapanpun menambahkannya. Meski lebih disarankan menambahkan toping setelah sayuran dan saus dressing sudah menyatu, baru taburkan potongan kacang almond, biji-bijian, tomat, dan kacang polong.