Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisnis waralaba termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan berlipat, sebab memiliki pangsa pasar yang besar. Meski begitu, bisnis ini bukan berarti tanpa risiko. Terdapat beberapa kesalahan bisnis warabala yang berpotensi mendatangkan kerugian besar.

Pihak franchisor atau pemberi waralaba harus menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini agar bisnis waralaba dapat berjalan optimal

Kesalahan bisnis waralaba

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 17 Mei 2023, berikut kesalahan bisnis waralaba yang perlu dihindari oleh franchisor:

  1. Kurang cermat memilih mitra franchisee

Bisnis waralaba yang sudah populer akan menarik banyak orang untuk menjadi mitra. Oleh sebab itu, franchisor perlu selektif dalam memilih calon franchisee atau penerima waralaba.

Hindari menjual waralaba kepada orang yang tidak memenuhi syarat untuk bisnis ini. Pemilhan franchisee yang kurang cermat bisa membuat bisnis waralaba Anda tidak berjalan.

  1. Franchisor tidak memiliki perencanaan bisnis yang matang

Kesalahan bisnis warlaba yang berikutnya adalah franchisor tidak memiliki perencanaan bisnis yang matang.

Salah satu faktor yang membuat bisnis waralaba sukses adalah seberapa matang perencanaan yang dibuat oleh pemberi franchise.

Oleh sebab itu, Anda perlu merencakan implementasi bisnis waralaba secara cermat. Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan yang expert di bidang bisnis ini, supaya mendapatkan saran profesional.  

Saat menjalankan bisnis waralaba, ada banyak keputusan penting yang dibuat. Mulai dari  memilih lokasi yang sesuai, hingga negosiasi perjanjian waralaba. Itulah mengapa Anda memerlukan bantuan dari profesional agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

  1. Jor-joran gelontorkan uang

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bisnis waralaba termasuk bisnis yang penuh risiko. Akan tetapi, banyak franchisor yang menggelontorkan uang terlalu banyak untuk membuat gedung bertingkat tinggi atau melakukan kegiatan promosi dengan biaya yang mahal.

Aktivitas ini bisa membahayakan keuangan bisnis waralaba. Jika hal ini terjadi, bisnis Anda bisa mengalami undercapitalization, yakni sebuah kondisi dimana bisnis tidak mempunyai modal yang cukup untuk melakukan kegiatan bisnisnya dengan normal.

Demikian informasi tentang kesalahan bisnis waralaba yang perlu dihindari franchisor. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.