5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mencairkan Makanan Beku
Ilustrasi kesalahan saat mencairkan makanan beku dan caranya yang tepat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mencairkan stok makanan beku dalam freezer, mungkin bukan hal rumit. Tetapi ketika waktu sempit, ide-ide yang lahir seketika kerap tak membantu malah membuat rencana Anda berantakan. Jadi, mengenali cara menyusun, memilih, hingga memperlakukan sebelum memanfaatkan makanan beku perlu dilakukan secara tepat. Berikut kesalahan yang perlu diperbaiki ketika mencairkan makanan beku.

1. Mengabaikan prinsip FIFO

Prinsip ini sering diaplikasikan dalam menata stok makanan di kulkas. FIFO merupakan akronim dari first in, first out, yang berarti ‘masuk pertama, keluar pertama’. Prinsip ini dijalani oleh profesional kulitner, mulai dari penjual bahan makanan, koki restoran, dan Anda juga harus melakukannya.

Tipsnya, daripada membuang makanan bagian depan dan tengah freezer, lebih baik tumpuk bahan makanan baru di bawah stok lama. Jika diatur dengan cara ini makanan beku yang lama lebih mudah diakses.

kesalahan saat mencairkan makanan beku dan caranya yang tepat
Ilustrasi kesalahan saat mencairkan makanan beku dan caranya yang tepat (Freepik/zinkevych)

2. Mencairkan makanan beku di atas meja pada suhu kamar

Jangan sampai Anda mencairkan  dada ayam beku dengan mengeluarkan dari freezer dan mendiamkannya di atas meja dalam suhu ruangan. Ini dapat merusak kualitas makanan, berisiko tempat kembang biak mikroba, atau suhu 4 – 60 derajat Celsius disebut sebagai ‘zona bahaya’. Maka pilih metode pencairan yang lebih aman seperti meletakkan makanan di bawah air dingin yang mengalir, atau mencairkan dalam microwave dengan cepat atau diamkan dalam lemari es semalaman.

3. Mencairkan makanan dengan air hangat

Mencairkan dengan air hangat, mungkin ide yang muncul secara cepat di kepala. Tetapi, pakar keamanan pangan dilansir The Kitchn, Kamis, 30 Maret, tidak menyarankan merendam makanan beku dengan air hangat. Tipsnya, isi mangkuk besar dengan air dingin dan rendam makan malam Anda dalam kantong zip-top tertutup. Jika air dingin mulai naik suhunya, tambahkan lagi lebih banyak air dingin.

kesalahan saat mencairkan makanan beku dan caranya yang tepat
Ilustrasi kesalahan saat mencairkan makanan beku dan caranya yang tepat (Freepik)

4. Mencairkan daging mentah langsung di rak kulkas

Makanan beku yang telah dibungkus dan disimpan di freezer, seringkali lebih dari satu lapisan. Ini berarti kalau mencairkan daging mentah langsung, stok lain juga otomatis akan mencair. Belum lagi kalau kantung robek dan jadi tempat kembang biak mikroba, tentu akan merepotkan sekaligus tak menyehatkan. Maka disarankan untuk pisahkan dalam loyang, baru cairkan di dalam lemari es bagian bawah.

5. Membekukan kembali makanan yang sudah dicairkan

Pernahkan Anda sudah memproses makanan beku, tetapi menu makanan berubah? Selama kurang dari satu jam, masih aman apabila disimpan kembali. Tetapi lebih dari satu jam meski masih dingin, dada ayam atau daging merah sudah memasuki kisaran suhu ‘zona bahaya’. Maka disarankan kalau sudah mencairkan makanan dan lebih dari 1 jam, segera masak pada suhu aman. Setelah itu bisa dibekukan kembali meski perlu mengukur tekstur dan rasa kalau nanti akan dilakukan pencairan lagi.

Bagaimana kalau makanan beku langsung dimasak tanpa dicairkan terlebih dahulu? Bahan makanan seperti salmon dan ayam dapat dimasak dengan aman dalam keadaan beku. Hanya saja pertimbangkan waktu, karena diperlukan 50 persen waktu lebih lama daripada masak bahan ready-to-cook sesuai suhu penyajian yang aman.