Cara Mencairkan Daging Beku Secara Cepat dan Higienis Tanpa Merusak Tekstur
Ilustrasi daging sapi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak banyak orang tahu bagaimana cara mencairkan daging beku yang cepat, higienis, sekelaigus tak merusak tekstur sehingga bisa dimasak ke berbagai menu kuliner. Beberapa orang mencairkan daging beku, baik daging ayam, kambing, daging sapi, atau ikan, dengan cara merebusnya agar cepat. Sayangnya cara tersebut berpotensi merusak tekstur daging.

Cara Mencairkan Daging Beku

Mencairkan daging juga harus memperhatikan caranya agar  tak terkontaminasi bakteri yang tidak hanya merusak daging namun mengancam kesehatan Anda. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan Chiller

Cara yang relatif aman untuk mencairkan daging beku yang baru dikeluarkan dari freezer adalah dengan menempatkannya pada chiller. Namun tempatkan dulu daging pada sebuah wadah lalu simpan ke dalam chiller atau rak yang ada di bagian bawah freezer. Proses pencairan daging bekunya sendiri memang relatif lama, bisa sampai satu hari. Namun hitungan waktu tersebut masih dianggap normal.

  1. Masukkan ke Dalam Microwave

Memasukkan daging beku dari freezer ke dalam microwave jadi cara paling efisien yang bisa dilakukan. Tidak hanya cepat, Anda bisa mencairkan daging beku secara higienis. Namun cara ini berpotensi merusak tekstur daging.

Caranya adalah dengan menempatkan daging beku pada sebuah wadah tahan panas yang tertutup. Setelah itu masukkan wadah isi daging beku ke dalam microwave. Setelah itu tekan “defrosting”.

  1. Rendam pada Air Mengalir

Cara mencairkan daging beku selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aliran air keran. Cara ini juga cukup ampuh untuk mencairkan daging beku dari freezer. Caranya adalah dengan menempatkan daging beku pada kotak yang tertutup rapat. Lalu, letakkan kotak tersebut pada panci atau wadah dan letakkan wadah tersebut di bawah keran dan hidupkan keran. Air akan mengalir secara terus menerus ke dalam wadah tersebut.

  1. Rendam dengan Air Hangat Berkala

Mencairkan daging beku juga bisa dilakukan dengan bantuan air hangat. Namun, Anda harus mengganti air hangat setiap minimal 30 menit sekali. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan es pada daging.

Caranya adalah dengan menempatkan daging pada kotak tertutup rapat. Setelah itu rendam kotak pada panci yang berisi air hangat. Air hangat akan makin dingin, sehingga Anda harus mengganti air dingin tersebut dengan air hangat setiap 30 menit maksimal. Semakin sering mengganti air maka semakin cepat pula es cair.

  1. Rendam dengan Air Suhu Ruangan

Cara ini jadi pilihan terakhir untuk mencairkan daging beku. Meski membutuhkan waktu relatif lama, es bisa mencair dan tekstur daging tidak rusak

Caranya, cukup rendam daging beku pada bejana dengan air suhu ruangan. Namun Anda juga harus melakukan penggantian air setiap 30 menit satu kali. Pasalnya, air bekas rendaman daging beku akan berubah jadi dingin seperti es, jika tak diganti justru akan memperlama pencairan daging.

Demi menjaga kebersihan, cuci daging setelah dicairkan dengan air bersih mengalir. Anda juga bisa menyiram daging dengan air panas sebelum memasaknya.

Itulah informasi terkait cara mencairkan daging beku. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.