Bagikan:

YOGYAKARTA – Membekukan daging sapi di freezer jadi salah satu cara mengawetkan bahan pangan tersebut agar bisa dimasak kapan saja. Namun setelah daging jadi keras dan beku, akan sangat lama mencairkannya sehingga sebagian orang memilih untuk merebusnya. Yang jadi pertanyaan adalah apakah daging beku boleh langsung dimasak dengan direbus?

Apakah Daging Beku Boleh Langsung Dimasak?

Dilansir dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dari situs resminya dikatakan bahwa perebusan daging beku boleh dilakukan. Artinya daging beku boleh langsung dimasak namun ada beberapa hal yang menjadi catatan.

Pertama, perebusan daging beku akan membutuhkan waktu lama yakni sekitar satu setengah kali lebih lama untuk matang. Sebagai contoh, untuk merebus daging segar hingga masak akan butuh waktu satu hingga 1,5 jam. Sedangkan untuk

Misalnya, jika daging sapi segar membutuhkan waktu satu jam untuk dimasak agar matang, daging beku yang membutuhkan waktu 1 1/2 jam. Sedangkan untuk merebus daging beku sampai masak berarti butuh waktu kira-kira tiga jam.

Namun harus diperhatikan bahwa durasi perebusan daging akan berbeda-beda tergantung ukuran daging, tingkat kebekuannya, dan sebagainya. Di sini Anda harus benar-benar cermat memperkirakan durasi perebusan daging beku. Karena jika keliru, daging hanya akan matang di bagian luar dan mentah bahkan beku di bagian dalam.

Catatan kedua, merebus daging yang masih beku akan membuat daging lebih kering ketika dikonsumsi. Hal itu terjadi karena jus dalam daging terjebak di dalam.

Tips Merebus Daging Sapi Beku yang Aman

Jika Anda memutuskan untuk merebus daging sapi beku, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini tips merebus daging beku agar tetap aman.

  1. Hindari Potongan Daging Terlalu Besar

Jika Anda menyimpan daging sapi dengan ukuran besar, disarankan untuk memotong daging tersebut dalam ukuran yang lebih kecil. Ukuran bisa disesuaikan dengan panci. Ukuran daging beku yang terlalu besar akan makin sulit dimasak dan lama dicairkan.

  1. Gunakan Kantong dan Remdam Seluruhnya

Letakkan daging beku ke dalam kantog masak baru direbus. Pastikan air rebusan mampu merendam daging seluruhnya agar suhu panas lebih merata.

  1. Gunakan Timer

Disarankan untuk menggunakan timer agar perebusan dapat dilakukan sesuai waktu yang disarankan. Timer juga berfungsi untuk mencegah perebusan daging beku yang terlalu sebentar.

  1. Pakai Rebusan Air Kaldu

Disarankan untuk merebus daging beku dengan menambahkan kaldu atau air penyedap rasa. Hal ini dilakukan agar saat perebusan, aroma dan rasa daging lebih lezat.

  1. Campurkan Rempah

Merebus daging sapi tidak hanya untuk menghindari kebekuan namun agar daging bisa segera dikonsumsi. Agar daging makin lezat, tambahkan rempah ke dalam rebusan.

Ketahui cara mencairkan daging beku untuk memperkaya pengetahuan di bidang kuliner sehingga bahan pangan tetap dalam kondisi baik dan higienis.

Selain apakah daging beku boleh langsung dimasak, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.