Bagikan:

YOGYAKARTA - Tentunya penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara memijat pergelangan tangan yang sakit dengan benar agar tidak memicu cedera yang lebih parah. Cara ini juga hanya dapat diterapkan jika pergelangan tangan sakit masih tergolong ringan, salah satunya adalah kram otot yang ditimbulkan dari aktivitas berulang, misalnya mengetik dan olahraga. Lantas bagaimana cara memijat pergelangan tangan yang sakit?

Selain menyembuhkan rasa sakit, memijat pergelangan tangan yang sakit dengan lembut juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan fleksibilitas. Untuk selengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Memijat Pergelangan Tangan yang Sakit

Hal yang perlu Anda ingat, memijat dapat dijadikan solusi efektif jika nyeri pada pergelangan tangan masih tergolong ringan. Selain itu, cara memijat pergelangan tangan yang sakit harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak memperparah kondisi penderita.

Dilansir dari Healthy, beberapa cara memijat pergelangan tangan yang sakit sakit antara lain:

Menggosok bagian lengan secara lembut

Cara memijat pergelangan tangan yang sakit dapat Anda lakukan dengan menggosok lengan bagian bawah secara lembut. Hal ini dikarenakan otot-otot lengan bagian bawah berfungsi dalam mengontrol area pergelangan tangan.

Langkah pertama, Anda perlu menggenggam lengan, baik sisi kanan maupun kiri, tergantung dari pergelangan tangan mana yang sakit. Selanjutnya, tekan bagian bawah lengan dengan perlahan menggunakan jari-jari, dan dorong ke arah pergelangan tangan. Lakukan gerakan ini dengan berulang-ulang.

Pijat area telapak tangan

Langkah selanjutnya, cara memijat pergelangan tangan yang sakit yaitu dengan mengurut bagian telapak tangan. Memijat telapak tangan bisa memberikan efek relaksasi sehingga bermanfaat untuk meredakan stres yang menimbulkan ketegangan otot. Anda hanya perlu membuka telapak tangan, selanjutnya pijat lembut bagian pangkal ibu jari selama beberapa menit hingga rasa sakit mulai menghilang.

Manfaatkan Alat Bantu

Langkah terakhir, cara memijat pergelangan tangan yang sakit juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu, misalnya bola tenis. Bola tenis mempunyai permukaan cukup padat, tetapi masih dapat memberikan tekanan elastis yang ringan.

Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal gelindingkan bola tenis dengan kuat secara berulang untuk mengatasi kram otot di pergelangan tangan. Selain bola tenis, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa barang, misalnya botol atau batu yang halus.

Ilustrasi (Pixabay)

Titik Refleksi Tangan dan Manfaatnya

Di bawah ini akan disertakan juga beberapa titik yang dapat Anda coba dan manfaat yang bisa didapatkan:

Lung Meridian

Titik bernama Lung Meridian ini ada di tepi telapak tangan. Tepatnya di sepanjang ujung ibu jari ke bawah, sampai melewati lipatan di pergelangan tangan.

Dengan memberi tekanan di sepanjang garis tersebut diyakini dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan keluhan pilek. Termasuk bersin-bersin, flu, dan sakit tenggorokan.

Inner Gate Point

Titik refleksi tangan yang satu ini sebetulnya tidak berada tepat di tangan. Untuk mendapatkan titik ini, letakkan telapak tangan dengan menghadap ke atas dan gunakan tiga jari untuk mengukur kira-kira satu inci di bawah pergelangan tangan. Di situlah letak titiknya.

Gunakan ibu jari tangan yang satunya untuk menekan titik ini dengan kuat. Manfaat dari teknik ini yaitu untuk meredakan mual dan sakit perut, serta masalah pencernaan lainnya.

Heart 7

Titik ini dapat Anda temukan di area pergelangan tangan, khususnya di luar tulang kecil yang sejajar dengan jari kelingking. Manfaat yang bisa didapat dengan menekan titik ini yaitu pencegahan insomnia, depresi, kecemasan, dan penyakit jantung.

Hand Valley Point

Titik ini ada di antara jari telunjuk dan ibu jari. Menekan titik ini diyakini dapat mengurangi stres, meredakan migrain, serta menangani sakit di bahu, gigi, dan leher.

Outer Gate Point

Outer Gate Point hampir sejajar dengan titik di poin sebelumnya. Namun, letaknya ada di bagian sisi atas tangan dan lengan, di antara dua tendon. Dengan memberikan tekanan di titik ini diyakini dapat meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Base of Thumb Point

Anda dapat menemukan titik ini dengan menelusuri jari di sisi telapak ibu jari hingga mencapai lipatan pergelangan tangan. Tekanan di titik ini diyakini dapat membantu meringankan masalah pernapasan.

Ten Dispersions

Titik ini bisa Anda temukan di setiap ujung jari tangan. Dengan memberikan tekanan di titik-titik ini diyakini membantu meringankan beberapa gejala flu, misalnya demam atau sakit tenggorokan.

Small Intestine 3

Letak titik refleksi tangan ini tepat di bawah jari kelingking dan di atas salah satu lipatan besar tangan. Memberikan tekanan kuat pada titik ini diyakini mampu membuat reda sakit telinga, sakit kepala bagian belakang, dan sakit leher.

Demikianlah ulasan tentang cara memijat pergelangan tangan yang sakit. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.