Bagikan:

YOGYAKARTA – Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di salah satu stasiun televisi nasional memang cukup membekas di ingatan banyak orang. Salah satu yang paling iconik dari sinetron tersebut adalah rumah tempat syuting Si Doel yang lama.

Rumah Si Doel memang terlihat asri dengan suasana khas pedesaan Betawi, masyarakat asli Jakarta. Saking iconiknya, rumah Mak Nyak yang diperankan oleh Aminah Cendrakasih dan Babeh yang diperankan oleh Benyamin itu menjadi gambaran asli dari rumah adat Betawi.

Rumah Tempat Syuting Si Doel yang Lama

Seperti diketahui, rumah Si Doel dalam sinetron dibangun dengan bahan papan kayu yang dicat berwarna kuning-hijau. Di bagian depan terdapat teras yang luas dengan sebuah dipan bambu yang sering digunakan oleh tokoh Babe untuk tidur dan menikmati hari-harinya.

Sayangnya kondisi rumah tersebut kini banyak berubah. Pasalnya, rumah yang ada di daerah Karang Tengah, Jakarta Selatan itu direnovasi oleh pemilik rumahnya. Beberapa bagian rumah masih mempertahankan keasliannya, namun banyak pula yang sudah berubah.

Rumah Si Doel Anak Betawi

Kondisi terkini rumah tempat syuting Si Doel Anak Betawi yang disiarkan di stasiun televisi nasional.

Kondisi rumah Si Doel setelah direnovasi

Pembongkaran Rumah Si Doel

Dilansir dari Era.id, rumah tempat syuting sinetron Si Doel Anak Betawi ternyata telah dibongkar. Kabar tersebut memang cukup membuat para penggemar sinetron tersebut sedih. Namun keputusan yang diambil oleh pemilik rumah asli tak bisa diganggu gugat mengingat rumah Si Doel kala itu hanya disewa.

Nama pemilik asli dari rumah Si Doel adalah Maya dan Rachmat Hidayat. Maya sendiri hanya mewarisi rumah tersebut dari Muhammad Ishak atau Haji Tatung  yang merupakan mertuanya.

Kabar dibongkarnya rumah Si Doel juga sampai di telinga Rano Karno, pemeran asli Doel dalam sinetron. Melansir dari kalan YouTube si Rano milik Rano Karno, pembongkaran dilakukan karena lahan yang dipakai untuk membangun rumah tersebut berstatus lahan sewa.

"Mau tidak mau saya harus segera mulai membongkar rumah ini karena lahan ini adalah lahan yang kita pinjam dari seorang teman, bulan Juni harus segera dikosongkan. Itu pula lah yang menjadi alasan mini seri si Doel Anak Milenial terpaksa saya batalkan," tutur Rano Karno.

Itulah informasi terkait rumah tempat syuting Si Doel yang lama. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.