Profil Aminah Cendrakasih: Populer Berkat Mak Nyak, Tutup Usia dengan Doel
Aminah Cendrakasih (Instagram @si.rano)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 21 Desember. Berita duka ini disampaikan oleh Rano Karno melalui media sosial.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih).. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT Aaminn YRA," tulis Rano Karno.

Hubungan Rano Karno dan Aminah Cendrakasih memang terlihat akrab lantaran keduanya pernah berada di satu judul sinetron yang sama, Si Doel Anak Sekolahan. Aminah berperan sebagai Mak Nyak yang merupakan ibu dari karakter Doel yang diperankan Rano.

Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938. Namanya besar di era ‘50-an dengan sejumlah film. Ia adalah anak dari pasangan selebrita Husni Nagib dan Wolly Sutinah. Ia juga aktif mendalami pentas sandiwara sebagai pemain.

Namanya mulai dikenal setelah ia melakoni film Serampang 12 di tahun 1956. Ia juga menerima penghargaan dari Dewan Film Nasional karena kontribusinya dalam dunia film.

Kariernya sempat terhenti setelah ia menikah dengan Idris Permana. Kemudian ia kembali ke layar televisi di tahun 1970.

Lagi-lagi, namanya mulai dikenal setelah ia membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang disutradarai Rano Karno. Ia berperan sebagai Mak Nyak yang terus melekat dengannya hingga sekarang.

Aminah juga membintangi beberapa judul sinetron Doel yang tayang di awal tahun 2000. Mulai dari Si Doel Millenium, Si Doel Anak Gedongan, serta Si Doel Anak Pinggiran.

Dalam perfilman, ia sempat melakukan jeda panjang ketika memasuki era 2000-an. Saat itu film terakhir yang ia bintang Milikku di tahun 1998 hingga ia kembali dengan Si Doel The Movie pada tahun 2018.

Kemudian ia juga membintangi dua film Si Doel lainnya hingga Akhir Kisah Cinta Si Doel pada tahun 2021. Aminah diketahui memiliki penyakit glaukoma namun ia tetap semangat dalam menghadirkan karakter Mak Nyak.

Ia juga dikabarkan sempat syuting untuk serial Si Doel Anak Sekolahan versi terbaru. Ini menjadi proyek akting terakhirnya.

Aminah Cendrakasih meninggal pada usia 84 tahun.