Peran Besar Aminah Cendrakasih Meneruskan Karakter Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan The Series
Rano Karno (Ivan Two/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan telah meninggal dunia pada Rabu, 21 Desember kemarin. Di depan kubur Aminah Cendrakasih, Rano Karno mengungkap betapa besarnya peran Mak Nyak dalam pembuatan Si Doel Anak Sekolahan The Series yang akan tayang pada 27 Desember besok.

Rano Karno menjelaskan bagaimana awalnya ia kembali mengerjakan proyek Si Doel Anak Sekolahan The Series atas dukungan Mak Nyak. “Saat saya berkunjung ke rumah, beliau bertanya ‘kapan Si Doel mau dilanjutkan lagi?’, Dan selalu dia ucapkan ‘mumpung Nyak masih ada’. Hampir semua, ngomong sama Maudy, sama Lia, semua lah. Bilang Si Doel suruh dibikin lagi mumpung Nyak masih ada,” ungkap Rano Karno saat mengunjungi makam Aminah Cendrakasih pada Jumat, 23 Desember.

Alasan keinginan kuat Mak Nyak itu dijelaskan oleh Rank Karno. “Beliau ini udah hampir 20 tahun lumpuh dan buta, ya cuman bisa di kamar aja ditemani televisi. Dia memang emanggak bisa nonton televisi tapi dia bisa mendengar suara. Kalau Si Doel diputar lagi (di televisi), itu menjadi hiburan,” sambungnya.

Tidak hanya meminta agar Si Doel dibuat kembali, dengan kondisinya yang sudah sakit-sakitan, Aminah masih bersedia untuk tampil memerankan Mak Nyak. Hal tersebut membuat Rano Karno dan para pemeran Si Doel lainnya tidak punya alasan untuk menolak kembali bermain.

Rano sendiri menilai karakter Mak Nyak tidak dapat digantikan oleh pemeran lain. “Terakhir bikin Si Doel series memang beliau udah drop sekali, udah kurus sekali, tapi saya enggak bisa menggantikan beliau. Saya gak bisa cari pemain lain untuk menggantikan ibu di situ. Dia masih ada, ya saya terima apa adanya keadaan Mak Nyak seperti itu,” ujarnya.

Untuk menyesuaikan karakter Man Nyak dengan kondisi Aminah, Rano Karno sebagai penulis skenario membuat dialog-dialog pendek untuknya. Keinginan besar Aminah juga nampak ketika ia bersedia untuk menjalani proses reading di tengah kondisinya yang menderita glukoma.

Rano merasa bahwa meninggalnya Aminah Cendrakasih juga turut meninggalkan kebanggaan. “Tentu kita sedih, tapi saya bahagia bahwa beliau meninggal dunia konsisten sebagai seorang seniman. Itu yang sangat terasa. Saya bangga lah, bangga melihat kegigihannya,” ucapnya.

Rano Karno pun memberikan sedikit bocoran sqri peran Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan The Series. “Dia lah yang menyelesaikan problem yang dihadapi Jaenab,” kata Rano.

“Terakhir, dia manggil Si Foel, ‘Deol, emak mau bicara ama lu’, terus antara Doel sama Nyak ngomong,” pungkasnya.