Bagikan:

JAKARTA - Febby Rastanty dipercaya untuk berperan sebagai Kalis Mardiasih yang merupakan wanita Jawa di film Seni Memahami Kekasih. Untuk mendalami karakter, Febby mengaku butuh waktu satu bulan setengah untuk belajar bahasa Jawa sebelum syuting.

"Sebenarnya sih nggak terlaku lama ya mungkin sekitar satu bulanan setengah gitu ya dari mulai pre production, reading sampai syuting sampai ya selama syuting aku juga tetap belajar," kata Febby Rastanty di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 2 September.

Ia bersyukur karena lokasi syuting yang banyak dilakukan di Yogyakarta membantunya untuk belajar bahasa Jawa dari orang asli sana.

"Mungkin karena kita syutingnya di Yogyakarta itu sangat membantu sekali karena ya setiap hari di hotel misalnya jalan jalan ke kafe ke coffee shop dengar orang ngomong bahasa jawa. Itu environment cukup menbantu aku untuk lebih lancar berbahasa jawa," tambahnya.

Para pemain lainnya yang mayoritas orang jawa juga membantu dirinya mengucapkan bahasa jawa dengan benar.

"Terus dari cast ada Elang, Sisca, Devina semua nya emang mereka born and raise besar dan pernah tinggal di Jawa jadinya mereka sangat menbantu aku," lanjutnya.

"Dan mas Jeihan, kita dari awal benar-benar bedah naskah, bedah dialog aku tuh per satu kata jadi kayak kita cari apa yang enak diucapkan dan terdengarnya benar," beber Febby Rastanty.

Meski begitu Febby mengaku sempat kesulitan belajar bahasa Jawa khususnya dalam intonasi yang ketika salah intonasi maka akan berbeda arti katanya.

"Banyak intonasi yang harus aku pelajari kayak katanya aku ucapkan benar tapi intonasinya terdengar nya salah artinya terus ada beberapa di kata itu tuh harusnya ditekan terus misalnya ini itu tuh kok kayak susah ya lidahku, itu yang harus belajar," tandasnya.