Bagikan:

JAKARTA - Kasih sayang merupakan salah satu cara paling lugas menunjukkan kepada orang yang dikasihi bahwa Anda peduli terhadap dia. Hal ini juga dapat diungkapkan dengan berbagai cara. Biasanya, kasih sayang mengacu pada ketertarikan terhadap seseorang. Segelintir orang menawarkan kasih sayang melalui sentuhan fisik sedangkan yang lain dengan cara mengatakan hal-hal baik, menulis pesan romantis, atau merencanakan quality time bersama orang yang dicintai.

Bila Anda kesulitan memberikan kasih sayang, mungkin juga sult mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjadi lebih cinta pada pasangan. Namun, yang perlu diingat, bahwa sebenarnya kurangnya kasih sayang mengarah pada kesedihan dan kesepian, lebih banyak kasih sayang membuat Anda menjadi lebih bahagia dan terjaga kesehatan mental. Lantas, bagaimana cara menjadi lebih penuh kasih dalam suatu hubungan? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Very Well Mind pada Selasa, 20 Agustus.

Pelajari Bahasa Cinta

Ada lima bahasa cinta, yaitu kata-kata, waktu berkualitas, sentuhan fisik, tindakan pelayanan, dan menerima hadiah.  Anda dapat mempelajari bahasa cinta dengan membedakan mana yang paling Anda sukai untuk dilakukan atau dilakukan untuk Anda. Mengetahui lebih banyak tentang diri sendiri dapat membuat Anda lebih nyaman dalam mengekspresikan kasih sayang. Selain itu, Anda juga bisa bertanya pada pasangan bahasa cinta apa yang ingin dia terima. Sehingga Anda bisa berusaha menunjukkan kepadanya jenis kasih sayang yang dia inginkan. 

Berbagi Perasaan

Berbagi perasaan dengan orang yang dapat dipercaya terbukti mampu mengurangi stres. Jika Anda tahu bahwa pasangan, keluarga, atau teman ingin Anda lebih mesra. Tetapi Anda merasa kesulitan maka langkah terbaik yang harus diambil untuk memulainya adalah memberi tahu mereka betapa sulitnya hal itu bagi Anda.

Setelah mempelajari bahasa cinta akan sangat membantu diri anda karena menunjukkan bahwa ini adalah topik yang Anda pedulikan dan telah pertimbangkan. Anda juga dapat mendiskusikan apa yang telah dipelajari serta bagaimana Anda akan menggunakan pengetahuan itu untuk menjadi lebih penuh kasih.

Berusaha Lebih Banyak Melakukan Sentuhan Fisik

Mungkin ini tampak berlawanan dengan intuisi karena tidak terasa alami, tetapi terkadang satu-satunya cara menyelesaikan tugas yang sulit ialah melakukannya.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda coba:

  • Bergandeng tangan dengan sahabat saat berjalan-jalan
  • Memberikan pelukan kepada anak 
  • Berpelukan dengan pasangan saat menonton film

Pelukan menghilangkan stres, tetapi manfaatnya lebih dari itu, pelukan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, Jika Anda memerhatikan perasaan Anda saat memeluk seseorang, kemungkinan besar Anda akan menyadari betapa menyenangkannya perasaan itu. Kemudian, setelah menyadarinya, Anda mungkin melakukannya lebih sering hingga terasa lebih alami.

Sisihkan Waktu untuk Pasangan

Setiap hubungan membutuhkan waktu yang dihabiskan bersama untuk meningkatkan kasih sayang. Quality time merupakan tindakan hadir dan terlibat ketika Anda menghabiskan waktu bersama seseorang. Quality time tidak termasuk duduk bersebelahan di ruangan yang sama, tetapi tidak ada interaksi atau sibuk dengan urusan masing-masing.

Meskipun quality time bukan bahasa cinta Anda, menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang tersayang dapat membantu menjadi lebih penuh kasih. Itu karena dengan hadirnya dia, Anda akan menjadi lebih dekat dengan orang yang dicintai.

Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk, tetapi kekurangan waktu, jangan ragu mengubah jadwal melakukan quality time bersama orang terkasih. Ini lebih tentang niat dan kualitas daripada kuantitas. Berapapun jumlah waktunya, yang Anda tahu untuk hadir dan terlibat adalah hal tepat untuk memulainya.