Bagikan:

YOGYAKARTA - Afirmasi merupakan tindakan sederhana yang memiliki manfaat luar biasa bagi pikiran. Salah satunya afirmasi yang diterapkan dalam sebuah hubungan. Secara sederhana, afirmasi adalah pernyataan positif untuk meningkatkan atau membangun pikiran positif, keyakinan diri, dan sikap. 

Afirmasi sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal tanpa disadari, hal ini memiliki efek luar biasa dalam setiap tindakan dan pengambilan keputusan dalam hidup. Afirmasi juga mempengaruhi kesehatan mental dan produktivitas sehari-hari. Afirmasi merupakan salah satu bentuk praktik mindfulness untuk menghilangkan pikiran negatif. 

Tidak hanya bermanfaat dalam konteks pengembangan diri secara individu, afirmasi juga memiliki peran penting dalam menciptakan hubungan percintaan yang sehat. Lantas apa itu afirmasi dalam hubungan dan manfaatnya?

Afirmasi dalam Hubungan Percintaan

Dalam konteks hubungan, afirmasi merujuk pada pernyataan positif atau tindakan yang dilakukan untuk memperkuat dan mendukung pasangan. Afirmasi dalam hubungan dapat berupa ucapan penyemangat, kata-kata kasih sayang, atau tindakan konkret yang memperlihatkan perhatian dan dukungan.

Memberikan contoh afirmasi positif kepada pasangan adalah cara efektif untuk memperkuat ikatan emosional dan membantu untuk bisa melewati masa-masa sulit. Kata-kata yang penuh dukungan dan harapan ini dapat menjadi alat yang kuat untuk mempererat hubungan. 

Ucapan-ucapan cinta dan penuh makna mendalam tidak hanya menguatkan ikatan emosional, namun juga membantu pasangan agar bisa menghadapi kesulitan dengan sikap lebih positif. Dengan kebiasaan mendapatkan afirmasi positif, pasangan bisa lebih percaya diri dan kuat dalam enghadapi berbagai tantangan. 

Tips Memberikan Afirmasi dalam Hubungan Percintaan

Jika selama ini hubungan Anda dengan pasangan terasa flat atau mulai renggang, cobalah untuk membangun afirmasi positif kepadanya. Usahakan untuk menunjukkan perhatian dengan mengucapkan kalimat atau kata-kata positif. Meski terdengar sederhana, namun ungkapan ini menjadi bahasa cinta dan bentuk kasih sayang. 

Berikut ini tips membangun afirmasi positif dalam hubungan percintaan kepada pasangan:

Menggunakan Kalimat Berkamna Mendalam

Meskipun Anda sudah menunjukkan cinta melalui perhatian dan tindakan, hal ini tidak akan cukup bagi mereka yang memiliki love language 'words of affirmation'. Kamu harus mengucapkannya langsung dengan kata-kata romantis untuk membuat mereka merasa dicintai.

Gunakan kalimat yang bermakna untuk menyatakan cinta dan kekaguman, seperti 'Aku percaya padamu', 'Saya beruntung sekali bisa kenal denganmu', 'Aku sedang memikirkanmu hari ini', dan lainnya. Jangan lupa sampaikan 'words of affirmation' secara tulus agar ungkapan cintamu sampai tepat ke hatinya.

Mengucapkan Pujian secara Spesifik

Pujian merupakan salah satu hal yang paling disukai oleh mereka yang memiliki bahasa cinta 'words of affirmation'. Cobalah memberikan pujian yang spesifik ketika kamu melihat hal positif pada pasangan.

Misalnya, ungkapkan alasan mengapa kamu mengaguminya dalam menghadapi situasi tertentu. Anda juga bisa menjelaskan hal-hal yang membuat pasangan tampak istimewa di matamu. Cara-cara tersebut akan membuat pasangan merasa lebih dihargai dan dicintai.

Memahami Waktu yang Tepat untuk Mengungkapkan Sayang

Rutinitas yang padat dapat membuatmu lupa untuk mengungkapkan perasaan sayang kepada pasangan. Saking sibuknya, bahkan hanya dalam bentuk kata-kata pun sampai terlewatkan. Sebenarnya tidak masalah apabila sesama pasangan saling produktif dan memahami. 

Tips lain untuk memberikan afirmasi adalah dengan menyampaikannya di waktu yang tepat. Pahami kapan waktu terbaik untuk mengungkapkan perasaan sayang kepada pasanganmu. Misalnya, ungkapkan rasa terima kasih dan cintamu kepada pasangan sebelum tidur. Anda juga bisa mengucapkan kata-kata penuh semangat untuk membantu pasangan memulai hari dengan bahagia.

Aktif Mendengarkan Isi Hati Pasangan

Agar bisa mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata romantis, penting juga untuk mendengarkan isi hati pasangan dengan lebih baik. Dengan cara ini, Anda akan lebih memahami kondisi dan kebutuhan pasangan.

Ungkapan romantis yang Anda sampaikan bisa terasa hampa jika tidak sesuai dengan kebutuhan pasangan. Terutama jika kamu kurang aktif mendengarkan dan tidak berusaha memahami pikiran serta perasaannya. Oleh karena itu, pahami apa yang sedang dialami atau dirasakan oleh pasanganmu agar bisa memberikan bentuk perhatian yang tepat. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu afirmasi dalam hubungan percintaan. Ungkapan sederhana namun penuh makna ternyata berperan penting dalam membangun hubungan asmara yang sehat dan punya ikatan emosional kuat. Baca juga manfaat afirmasi positif menurut sains.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.