Bagikan:

YOGYAKARTA – Berharap memang boleh, tetapi kalau terlalu tinggi akan sakit apabila tidak sesuai kenyataan. Untuk itu, berharap juga harus realistis, khususnya dalam hubungan romantis. Menurut psikoterapis yang berspesialisasi pada parenting dan penulis Tina Gilbertson, LPC., berikut hal yang bisa diharapkan dari hubungan romantis.

1. Rasa sayang

Afeksi bisa diungkapkan dengan berbagai cara. Misalnya dengan kasih sayang fisik, berpelukan, ciuman, menggosok punggung, atau berpegangan tangan. Hal ini bisa diharapkan dalam hubungan romantis dan paling realistis. Kuncinya, pasangan Anda harus menyukai Anda sebagai pribadi dan menunjukkan afeksinya dengan berbagai cara.

2. Kasih sayang

Saat Anda terluka, Anda berhak mengharapkan pasangan sebagai tempat yang paling nyaman untuk bersandar. Ia tidak harus merasakan apa yang Anda rasakan, tetapi penting untuk mendukung dan memberi support pasangannya.

3. Rasa hormat

Pasangan romantis yang baik penting untuk menunjukkan rasa hormat. Baik itu menghormati batasan hingga tidak ada ejekan atau kritik yang menjatuhkan. Pasangan yang penuh hormat akan mengetahui dan mengagumi kekuatan Anda, menerima kelehaman, dan tidak melanggar batasan.

harapan paling realitstis dari hubungan romantis
Ilustrasi harapan paling realitstis dari hubungan romantis (Freepik)

4. Perhatian

Pasangan yang penuh perhatian akan memikirkan bagaimana perilakunya memengaruhi Anda. Mereka tidak harus memberikan semua yang Anda minta, tetapi mempertimbangkan Anda sebagai seseorang yang memiliki perspektif meskipun berbeda. Jika pasangan Anda melakukan hal tersebut, artinya memberikan perhatian dan merawat hubungan dengan baik.

5. Waktu

Setiap hubungan didasarkan pada berbagi waktu bersama. Tidak selalu bersama, itu benar. Tetapi sangat jarang bersama mungkin penting untuk berdiskusi tentang prioritas bersama. Artinya, Anda boleh mengharapkan punya waktu berdua dengan pasangan tetapi perlu disepakati berdua berkaitan dengan prioritas dan kewajiban lainnya.

6. Minat

Masuk akal kalau Anda mengharapkan pasangan Anda lebih tertarik pada Anda daripada orang lain. Setidaknya dalam beberapa aspek seperti perasaan, pemikiran, opini dan lainnya. Pasangan yang tidak tertarik pada Anda sebagai pribadi, mungkin hanya menjalin hubungan karena menghindari kesendirian dan Anda berhak mendapatkan yang lebih baik.

7. Keintiman

Keintiman tidak sama dengan seks. Keintiman lebih dari aktivitas fisik, tetapi juga emosional. Keintiman sejati adalah mengenal emosi masing-masing dan kerentanan.

8. Kemurahan hati                                                               

Pasangan yang benar-benar murah hati akan senang membantu, menenangkan, atau menemukan cara lain agar bermanfaat bagi Anda. Meskipun tak selalu memberi hadiah materi, tetapi telah memberikan diri sepenuhnya yang lebih berarti dari liburan mewah atau hadiah berkilauan.

Sekalipun tidak semua harapan dalam hubungan romantis di atas Anda dapatkan dari pasangan, bukan masalah besar. Tetapi Anda perlu mengingatkan, meminta, atau berdiskusi berdua untuk membangun keharmonisan.