Bagikan:

JAKARTA - Sutradara David Lynch mengumumkan dirinya mengidap emfisema yang membuat ia tidak bisa bekerja sebagai sutradara seperti biasa. Meski begitu, ia meyakini penggemar bahwa dia tidak akan pensiun dari posisi sutradara.

Mengutip NME, David Lynch mengaku didiagnosa emfisema. Emfisema merupakan penyakit yang menyerang paru-paru dikarenakan kantong udara di paru-paru yang mulai kehabisan menyebabkan seseorang sulit bernapas. Penyebab dari kondisi ini adalah kebiasaan merokok yang dikonfirmasi David Lynch.

Sutradara Dune ini merasa tidak bisa keluar karena khawatir terinfeksi COVID-19 yang akan mempengaruhi kondisi kesehatannya.

“Saya mendapat emfisema dari merokok untuk waktu yang panjang dan saya menetap di rumah meski saya suka atau tidak,” kata David Lynch.

“Akan sangat buruk bagi saya jika sakit, bahkan hanya pilek. Jadi saya hanya bisa berjalan jarak pendek sebelum kehabisan oksigen,” jelasnya.

Ia terakhir kali menyutradarai film Inland Empire pada tahun 2006 dan ia belum berencana pensiun dari dunia perfilman. Dengan kondisinya saat ini, David Lynch menegaskan tidak pensiun tapi nantinya ia akan menyutradarai dari luar lokasi syuting.

“Saya akan mencoba mengarahkan secara remot, jika itu terjadi. Tapi saya tidak suka konsep seperti itu,” kata David Lynch.

Setelah wawancara, David Lynch merilis pernyataan bahwa ia mengetahui kondisi emfisema didapatkan dari kebiasaannya merokok.

“Benar saya punya emfisema dari bertahun-tahun merokok. Saya bisa katanya saya sangat menikmati merokok, baunya, menyalakannya tapi ada biaya yang harus dibayar dan harganya adalah emfisema,” tulis David Lynch di akun X-nya.

“Baru-baru ini saya menjalani tes dan kabar baiknya saya berada dalam kondisi baik kecuali emfisema. Saya dipenuhi rasa bahagia dan saya tidak akan pensiun. Saya ingin kalian semua tahu bahwa saya mengapresiasi rasa khawatir kalian,” katanya.

Selain menyutradarai film, David Lynch juga masih aktif berkarier sebagai musisi dengan album baru yang akan rilis pada tahun ini. Album ini diberi judul Cellophane Memories bersama Chrystabell.