David Lynch Tidak Ada Keinginan Adaptasi <i>Dune</i>
Timothee Chalamet sebagai Paul Atreides (Vanity Fair)

Bagikan:

JAKARTA - Adaptasi film Dune garapan Denis Villeneuve menghadirkan beberapa foto potongan (still cut) yang menampilkan Timothee Chalamet dan pemain lainnya. Kilas balik adaptasi film yang digarap tahun 1984 oleh David Lynch ini jadi pembicaraan di kalangan pecinta karya tersebut.

Film Dune buatan Lynch menerima kritik negatif serta gagal meraih titel box office. Lebih dari 50 tahun berjalan sejak perilisannya, hal tersebut masih membekas di dalam otak sutradara asal Missoula ini. Hal ini dikatakan Lynch ketika berbicara dengan The Hollywood Reporter.

Dia ditanya terkait adaptasi film Dune terbaru. Dia bilang tidak tertarik dengan adaptasi Dune yang akan datang. “Karena itu (film Dune) adalah sakit hati untuk saya. Itu sebuah kegagalan dan saya tidak punya potongan finalnya,” jawabnya dilansir dari NME.

Sutradara Blue Velvet itu menuturkan film Dune yang ia buat tidak sepenuhnya menjadi keinginannya. “Saya sangat menyukai beberapa bagian, tetapi itu adalah sebuah kegagalan untuk saya,” katanya.

Saat itu, David Lynch berani menggarap Dune sekalipun ia belum pernah membaca novel atau sekadar mengetahui ceritanya.

Sayangnya, ini membuat penggemar yang menonton merasa asing dengan film Dune arahan David Lynch. Mereka menganggap film ini tidak bisa menarik perhatian mereka yang tidak familiar dengan ceritanya, bahkan penggemar Dune juga merasa film ini jauh dari cerita awal novelnya.

 

Dune adalah novel karya Frank Herbert yang dirilis pada 1965. Dune bercerita tentang Duke Atreides (Timothee Chalamet) yang melakukan perjalanan ke sebuah planet menemukan rempah dan memberi pikiran super kepada manusia.

Dilansir dari Vanity Fair, sutradara Denis Villeneuve akan membagi Dune menjadi dua film. Menurutnya dunia dalam Dune terlalu kompleks dan tidak bisa dideskripsi dalam satu film saja.

Selain Chalamet, film Dune dibintangi Rebecca Ferguson, Josh Brolin, Zendaya, Charlotte Rampling, Oscar Isaac, Javier Bardem, Jason Momoa, Dave Bautista dan lainnya. Dune versi Denis Villeneuve dijadwalkan akan rilis pada 18 Desember.