Bagikan:

YOGYAKARTA – Melelehkan cokelat untuk membuat fudgy brownies atau cake lainnya saat baking sendiri di rumah, bisa dilakukan secara efektif. Anda tak perlu menyiapkan banyak wadah. Cukup ikuti cara melelehkan cokelat untuk baking berikut ini.

1. Melelehkan cokelat dengan mangkuk panas

Penting dipahami, semakin banyak cokelat yang dipanaskan, membutuhkan waktu lebih lama. Tetapi dalam proses melelehkan cokelat, harus menggunakan suhu yang tidak membuatnya gosong. Termasuk juga cokelat putih batangan biasanya dicampur susu. Sedangkan titik leleh susu lebih rendah. Artinya, harus menggunakan metode yang pas supaya hasil lelehan tetap lembut dan hasil sempurna.

Siapkan tiga ons cokelat batang yang sudah dipotong-potong. Letakkan dalam mangkuk panas. Melelehkan cokelat dengan cara ini, membutuhkan waktu lebih lama dari satu menit. Tetapi teknik ini harus dilakukan hati-hati untuk meminimalisir kemungkinan cokelat gosong.

cara melelehkan cokelat untuk baking
Ilustrasi cara melelehkan cokelat untuk baking (Freepik)

2. Melelehkan cokelat di microwave

Langkah yang perlu dilakukan, masukkan cokelat batangan yang sudah di-chop. Letakkan dalam mangkuk anti panas, kemudian masukkan dalam microwave. Setel waktu selama 30 detik dengan panas biasa. Setelah diangkat aduk secara cepat. Waktu yang dibutuhkan selama 90 detik dan tingkat efektivitas optimal.

Cara melelehkan cokelat yang kedua ini, paling mudah dan efisien. Melansir The King Arthur, Rabu, 10 Juli, metode ini hanya mengotori satu mangkuk, membutuhkan waktu lebih sedikit dibandingkan metode lain dan tidak membuat saya khawatir akan gosong. Kuncinya, lakukan dalam waktu singkat untuk menghindari potensi gosong.

3. Melelehkan cokelat di atas air mendidih

Selain memakai microwave, cokelat bisa dilelehkan dengan cara yang sederhana. Caranya, mangkuk logam berisi cokelat diletakkan di atas panci berisi air mendidih. Tentu saja cokelat batangan sudah dipotong kecil-kecil supaya pelelehan efektif. Namun cara ini membutuhkan waktu lebih lama daripada memakai microwave.

cara melelehkan cokelat untuk baking
Ilustrasi cara melelehkan cokelat untuk baking (Freepik)

Metode ini mungkin merupakan cara paling tradisional untuk melelehkan coklat. Alasan di baliknya adalah meletakkan mangkuk di atas air mendidih memungkinkan coklat meleleh menggunakan uap, sehingga menghasilkan lelehan yang lembut dan merata. Namun, Anda harus mewaspadai coklat di sekitar tepi mangkuk dan tingkat panasnya. Jika suhu terlalu tinggi, coklat di pinggir mangkuk bisa mulai gosong.

4. Melelehkan cokelat di atas uap air panas

Sebenarnya, cara keempat ini mirip seperti cara ketiga di atas. Hanya saja, memanfaatkan uap air panas. Baru mangkuk berisi potongan cokelat diletakkan di atas uap air tersebut.

Cara ini membutuhkan waktu selama 3-4 menit. Langkah ini juga akan menghasilkan lelehan cokelat lebih lembut daripada cara sebelumnya.

5. Melelehkan cokelat memakai wajan atau panci

Cara selanjutnya, melelehkan cokelat di atas panci dengan api kecil. Waktu yang dibutukan maksimal selama 5 menit. Tetapi sebenarnya, langkah ini paling harus dihindari. Karena melakukannya berisiko membuat cokelat hangus. Kecuali jika api yang dipakai sangat kecil, selalu diaduk, dan terus awas dengan suhu panasnya. Untuk melelehkan cokelat putih, hindari cara ini karena risiko gosong lebih besar.

Selain lima cara melelehkan cokelat saat baking di atas, bisa juga memanfaatkan hairdryer. Tetapi kalau memakai alat pengering rambut yang bisa diatur panasnya ini, harus berhati-hati karena berisiko cipratan cokelat berantakan.