Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagai pasangan, setiap orang percaya tidak menyimpan rahasia satu sama lain. Tetapi menurut psikoterapis Amy Morin, LSCW, hasil survei yang ia lakukan pada 1.000 orang yang sudah menikah menemukan bahwa 40 persen-nya percaya pasangannya menyimpan setidaknya satu rahasia dari mereka. Meskipun beberapa rahasia tampak tidak berbahaya, tetapi ketidakjujuran bisa saja mengikis kepercayaan. Menurut Morin, berikut alasan kenapa pasangan menyimpan rahasia dalam hubungan mereka.

1. Berusaha melindungi diri sendiri

Salah satu alasan menyimpan rahasia dalam suatu hubungan adalah karena melindungi diri sendiri, jelas Morin dilansir Psychology Today, Kamis, 20 Juni. Sesekali atau dua untuk kasus yang tidak membahayakan, mungkin tidak besar pengaruhnya pada kepercayaan dalam hubungan berpasangan. Tetapi perlu dipahami, pasangan menjaga rahasia bisa karena menjaga reputasinya sendiri. Ini juga bisa karena takut dihakimi, malu, ataupun takut ditolak.

alasan pasangan sering menyimpan rahasia
Ilustrasi alasan pasangan sering menyimpan rahasia (Freepik/karlyukav)

2. Berusaha melindungi pasangannya

Pasangan Anda, ketika menyembunyikan rahasia, mungkin sudah mempertimbangkan banyak hal. Termasuk ingin melindungi Anda dari perasaan yang tidak menyenangkan. Jadi mungkin, karena ini pasangan Anda menyembunyikan sesuatu demi kebaikan.

Kalau Anda merasa kesal, marah, atau sedih, baiknya simpan sementara. Anda mungkin juga banyak berasumsi ketika pasangan tidak jujur. Tetapi, carilah waktu paling tepat untuk mendiskusikannya berdua.

3. Berusaha melindungi hubungan Anda berdua

Alasan terakhir kenapa pasangan Anda menyimpan rahasia, karena berupaya melindungi hubungan. Pasangan Anda mungkin berasumsi cara terbaik untuk melanjutkan hubungan dengan merahasiakannya dari Anda. Inilah sebabnya mereka mungkin mencoba meyakinkan diri sendiri bahwa tidak jujur bertujuan baik untuk hubungan.

Menyimpan rahasia, jelas Morin, bisa diupayakan untuk menghindari kerusakan. Dengan merahasiakan sesuatu, hubungan dirasa lebih damai. Karena kebenaran bisa membuat pasangannya marah atau kesal dan berujung konflik.

Itulah alasan kenapa pasangan merahasiakan sesuatu dari Anda. Namun menurut Morin, rahasia pada kenyataannya dapat berdampak buruk pada kesehatan suatu hubungan. Biasanya kalau terungkap, akan mengikis kepercayaan. Tetapi Anda juga tidak bisa memaksa pasangan untuk selalu terbuka. Hanya saja, bisa menciptakan lingkungan yang mendorong kejujuran dengan tetap berbagi informasi, mengelola respons, tidak berteriak saat kesal, dan mendiskusikan apa yang diharapkan masing-masing orang yang berpasangan. Penting pula untuk diingat, meski berpasangan harus saling jujur, tetap saja perlu menghargai privasi masing-masing.