7 Alasan Kenapa Anda dan Pasangan Perlu Saling Terbuka
Ilustrasi alasan kenapa pasangan perlu saling terbuka (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam satu hubungan percintaan, dibutuhkan upaya untuk tetap saling terbuka dan jujur. Ini tidak mudah, karena masalah hubungan masa lalau, rahasia keluarga, atau kebiasaan buruk mungkin tak ingin diketahui pasangan. Tak perlu murung, ini alasan kenapa Anda dan pasangan perlu saling terbuka meskipun itu tidak mudah.

1. Kepercayaan

Salah satu alasan terpenting untuk jujur dan terbuka dengan pasangan Anda adalah agar mereka dapat mempercayai Anda. Anda tidak hanya akan terbuka kepada mereka untuk menunjukkan bahwa mereka dapat mempercayai Anda. Tetapi mereka cenderung akan mempercayai Anda dan menganggap masalah Anda ialah masalah pasangan Anda juga.

2. Rahasia selalu terungkap

Serapi apapun seseorang menyimpan rahasia, rahasia akan terungkap entah bagaimana. Efek ini akan lebih buruk dibanding sudah terbuka sejak awal. Karena begitu rahasia diketahui pasangan, maka kepercayaan yang mulanya stabil jadi runtuh seketika.

alasan kenapa pasangan perlu saling terbuka
Ilustrasi alasan kenapa pasangan perlu saling terbuka (Freepik/pressfoto)

3. Menghargai pasangan

Pasangan Anda pantas jadi seseorang yang tahu semua rahasia Anda. Meski sederhana dan polos, tidak terbuka pada pasangan bisa merenggut martabat mereka. Tidak terbuka juga memperlakukan pasangan seperti anak kecil yang tidak bisa menangani situasi kehidupan. Artinya meski masalah sulit dihadapi, menjalin hubungan adalah tentang saling terbuka dan jujur seburuk apapun faktanya yang terjadi.

4. Menjadi mitra yang lebih baik

Berpasangan adalah bermitra, dengan begitu bisa saling membagi beban dan membuat Anda bersama pasangan menjadi lebih baik. Dengan rahasia di dalam diri Anda, Anda tidak akan pernah menjadi mitra terbaik yang Anda bisa untuk pasangan. Anda akan selalu gelisah karena takut pasangan akan mengetahuinya, atau Anda mungkin menyimpan bagian diri Anda yang biasanya tidak Anda lakukan, jika Anda benar-benar jujur. Bersikaplah terbuka dan jujur sejak awal dan Anda akan menjadi mitra yang lebih baik untuk itu.

5. Memperdalam hubungan

Terbuka dan jujur meski tentang kabar buruk, benar-benar bisa mengubah hubungan secara signifikan. Bukan hal buruk, tetapi justru pasangan akan lebih menghargai kejujuran Anda daripada menyimpan rahasia. Ini juga menciptakan ikatan yang sangat kuat di antara Anda yang lebih dalam dari hubungan yang dangkal.

alasan kenapa pasangan perlu saling terbuka
Ilustrasi alasan kenapa pasangan perlu saling terbuka (Freepik)

6. Anda menduduki posisi penting

Hubungan adalah cerminan apa yang Anda lakukan kepada pasangan. Jika bersikap baik, menghargai, dan terbuka, maka pasangan akan memberikan hal yang sama. Dengan begitu, ketika Anda terbuka pada pasangan, pasangan Anda akan memposisikan Anda sebagai orang penting dalam hidupnya dan berkemungkinan jujur.

7. Lebih Bahagia

Satu-satunya cara untuk menjalin hubungan yang lebih bahagia, adalah dengan saling terbuka serta jujur. Itu membuat Anda dan pasangan menjadi orang yang lebih baik. Artinya jangan menyimpan sesuatu dari pasangan Anda dan Anda akan lebih bahagia dalam hidup.

Itulah ketujuh alasan kenapa Anda dan pasangan perlu saling jujur serta terbuka. Jika Anda masih ragu kenapa perlu terbuka tentang masalah sulit yang dialami, cobalah bicara pada orang yang paling Anda percaya. Seperti pada pasangan, teman, atau profesional sehingga mendapatkan saran untuk menanganinya.