Tingkat Kepuasan Hidup Lebih Tinggi Bagi Pasangan yang Berkomunikasi Jujur Tentang Pekerjaannya
Ilustrasi komunikasi dengan pasangan tentang pekerjaan (Freepik/Racool_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pasangan yang sama-sama bekerja, penting untuk berkomunikasi secara jujur tentang pekerjaannya. Menurut penelitian, bagi pasangan yang menciptakan lingkungan rumah yang saling support memiliki tingkat kepuasan hidup lebih tinggi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Current Psychology menjelaskan, berbagi pengalaman tentang pekerjaan bersama pasangan dapat membawa keseimbangan. Menurut penulis dalam penelitian tersebut, domain pekerjaan sering kali berdampak signifikan dalam kesejahteraan seseorang.

“Berbagi detail tentang pekerjaan Anda dengan pasangan Anda dapat membantu mereka lebih memahami dan mendukung Anda serta memberikan kesempatan untuk terhubung dan terikat pada minat dan pengalaman yang sama,” jelas Delia Virga dari West University of Timisoara, Romania dilansir Psychology Today, Senin, 30 Januari.

Temuan disimpulkan dari 149 data pasangan di Romania yang mengeksplorasi peran komunikasi terkait pekerjaan di antara pasangan berpenghasilan ganda. Peneliti menemukan bahwa pasangan yang berkomunikasi secara terbuka dan jujur tentang pekerjaan mereka cenderung memiliki tingkat kepuasan dan keseimbangan hubungan lebih tinggi.

komunikasi dengan pasangan tentang pekerjaan
Ilustrasi komunikasi dengan pasangan tentang pekerjaan (Freepik/jcomp)

Dengan bercakap-cakap tentang pekerjaan, setiap orang yang berpasangan akhirnya bisa bernegosiasi, membangun kesadaran, dan menciptakan makna dari pengalaman mereka dalam lingkungan rumah.

“Komunikasi tentang pekerjaan sangat penting untuk konstruksi realitas sosial dan dalam menciptakan lingkungan rumah yang mendukung dan memuaskan,” kata Virga.

Artinya, dengan berbagi informasi dan ide tentang pekerjaan mereka, pasangan dapat lebih memahami dan mendukung satu sama lain, membangun hubungan dan kerja sama tim.

Selain itu, kualitas komunikasi adalah salah satu prediktor terbaik kepuasan hidup. Virga memberikan saran pada pasangan untuk menjembatani komunikasi tentang pekerjaannya. Saran tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Biasakan berkomunikasi tentang pekerjaan secara teratur

Dalam pekerjaan yang Anda tekuni secara profesional, tentu ada kewajiban, tuntutan, dan kebutuhan setiap orang. Ini perlu didiskusikan dengan pasangan secara jujur dan terbuka. Agar tetap sinkron dengan jadwal di rumah, Anda dan pasangan perlu tetap fleksibel dalam menyesuaikan tanggung jawab peran seperlunya sesuai prioritas utama.

2. Berbagi tugas dan tanggung jawab

Mungkin Anda memiliki tanggung jawab dan tugas sendiri, pun dengan pasangan Anda. Tetapi tak salah berbagi tugas atau tanggung jawab di rumah. Seperti mencuci pakaian, merawat anak-anak, atau menjalankan tugas sesuai peran lainnya. Bahkan Anda mungkin perlu sesekali memberikan bantuan pada pasangan sebelum mereka memintanya.

3. Hargai pasangan atas dukungannya

Tunjukkan penghargaan dan dukungan Anda atas dedikasi pasangan Anda sambil secara aktif mendengarkan kekhawatiran mereka tentang pekerjaan mereka. Ini mungkin semudah menunjukkan kebahagiaan dan kekaguman atas pencapaian mereka atau menyemangati mereka saat mereka merasa kewalahan.

4. Habiskan waktu berkualitas bersama

Hindari jadwal sibuk, prioritaskan hubungan Anda, dan luangkan waktu untuk satu sama lain. Berusahalah untuk menjadwalkan waktu berkualitas dengan pasangan Anda untuk meningkatkan kualitas komunikasi.

komunikasi dengan pasangan tentang pekerjaan
Ilustrasi komunikasi dengan pasangan tentang pekerjaan (Freepik/zinkevych)

Meskipun Anda dan pasangan menghormati profesi masing-masing, tetapi penting juga untuk dapat keluar dari mode kerja. Artinya, Anda dan pasangan perlu memiliki posisi imbang. Apabila Anda mendapati terlalu banyak berbicara tentang pekerjaan Anda, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Selain itu, jadwalkan aktivitas baru agar setiap topik yang dibicarakan selalu segar.