Ketidakpuasan dalam Hubungan Romantis, Ditandai 8 Hal Ini
Ilustrasi ketidakpuasan dalam hubungan romantis (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketidakpuasan dalam hubungan romantis, seringkali tidak terlihat dengan jelas sehingga terlambat dikenali. Untuk lebih waspada dan tetap proaktif bersama pasangan membangun hubungan cinta yang harmonis, waspadai tanda ketidakpuasan dalam hubungan romantis di bawah ini.

1. Frekuensi dan kualitas komunikasi menurun

Penurunan frekuensi dan kualitas komunikasi, ternyata mengindikasikan bahwa pasangan menarik diri secara emosional. Pasangan atau Anda mungkin jadi kurang responsif terhadap pesan. Perlu segera memperbaiki cara berkomunikasi atau membangun kembali ikatan emosional kalau pasangan menghindari percakapan mendalam atau tak tertarik berinteraksi.

2. Kurangnya inisiatif

Pasangan menunjukkan kurang inisiatif saat ketidakpuasan dalam hubungannya membuat tembok sekat. Ini sering tak disadari tetapi efeknya berkontribusi pada hubungan. Misalnya kalau pasangan Anda tidak punya inisiatif terhadap pertumbuhan hubungan, atau tampak pasif atau acuh, tanggung jawab mempertahankan hubungan mungkin Anda pikul sendirian.

ketidakpuasan dalam hubungan romantis
Ilustrasi ketidakpuasan dalam hubungan romantis (Freepik)

3. Terbangun jarak emosional

Kedekatan emosional berkaitan dengan rasa hormat dan perhatian. Tanpa kedekatan emosional, pasangan bisa saling tidak peduli. Mereka mungkin juga tampak berjarak dan lebih pendiam ketika secara emosional berjarak. Kalau pasangan tidak jujur dan tertutup, melansir Psychology Today, Jumat 12, April, bisa jadi tanda ketidakpuasan dalam hubungan.

4. Perubahan keintiman fisik

Keintiman fisik yang semakin jarang, termasuk aktivitas seksual, dapat menandakan adanya masalah mendasar dalam hubungan. Pasangan mungkin tampak kurang tertarik pada sentuhan atau pelukan sehingga menimbulkan perasaan penolakan atau isolasi.

ketidakpuasan dalam hubungan romantis
Ilustrasi ketidakpuasan dalam hubungan romantis (Freepik)

5. Konflik meningkat

Konflik dan tegangan meningkat dalam hubungan mungkin mengindikasikan masalah yang belum terselesaikan atau ketidakpuasan yang mendasarinya. Pasangan Anda mungkin menjadi lebih argumentatif, defensif, atau kritis, sehingga sering menyebabkan perselisihan dan kesalahpahaman.

6. Perilaku tertutup

Pasangan mungkin menunjukkan perilaku tertutup. Seperti tidak menjawab saat berada di mana, tidak terbuka soal aktivitasnya, atau tidak memberi tahu dengan siapa berinteraksi. Pasangan yang menyembunyikan informasi atau berbohong tentang tindakan mereka, bisa menimbulkan rasa tidak percaya dan curiga. Ini juga menandai ketidakpuasan dan memicu ketidakpuasan dalam hubungan.

7. Tidak berminat pada tujuan bersama

Pasangan mungkin menunjukkan kurang antusias merealisasikan tujuan atau rencana masa depan bersama. Mereka mungkin menarik diri dari diskusi mengenai masa depan atau menunjukkan ketidaktertarikan dalam mengejar aspirasi bersama. Ini tandanya pasangan tidak berminat pada tujuan bersama.

8. Mencari validasi di luar hubungan

Pasangan Anda mungkin mencari validasi, perhatian, atau dukungan emosional dari seseorang di luar hubungan Anda dan dia. Seperti teman, keluarga, atau kolega. Karena membuat pasangannya merasa dikesampingkan sebab pasangan lebih mengandalkan orang lain, ketidakpuasan dalam hubungan perlu segera diwaspadai dan dicari solusinya.

Tanda ketidakpuasan dalam hubungan romantis seringnya terjadi tanpa disadari. Untuk itu, pasangan penting untuk tetap berkomunikasi dan saling terbuka secara jujur sebelum persoalan semakin rumit. Jika Anda dan pasangan menginginkan hubungan tetap harmonis, Anda berdua harus mengatasi bersama.