Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanda bahaya dalam hubungan berpasangan, bisa tak terlihat dengan jelas. Misalnya tentang ketidakpuasan dalam hubungan yang kerap sekali tidak dikomunikasikan dan tak ada upaya untuk mencari jalan tengah sehingga hubungan kembali harmonis.

Hubungan bisa jadi rumit karena salah satu dari pasangan merasakan ketidakpuasan dalam hubungannya. Nah, inilah kenapa penting mewaspadai tanda ketidakpuasan dalam hubungan, diantaranya yang dijelaskan profesor Berit Brogaard, D.M.Sci., Ph.D. dilansir Psychology Today, Jumat, 5 Juli.

1. Komunikasi berkurang

Komunikasi adalah kunci penting hubungan berpasangan. Tanpa komunikasi, pasangan tidak akan hidup dengan harmonis. Kalau saja komunikasi menurun atau kualitas komunikasi mengindikasikan pasangan menarik diri secara emosional, itu salah satu tanda ketidakpuasan dalam hubungan.

tanda pasangan tidak puas dalam hubungan
Ilustrasi tanda pasangan tidak puas dalam hubungan (Freepik)

2. Kurang inisiatif

Pasangan mungkin menunjukkan kurang inisiatif dalam merencanakan aktivitas bersama, mengambil keputusan, atau berkontribusi terhadap pertumbuhan hubungan. Mereka mungkin tampak pasif dan acuh sehingga membiarkan pasangannya memikul tanggung jawab besar.

3. Membentang jarak emosional

Jarak emosional bermanifestasi sebagai rasa tidak peduli dalam berinteraksi dengan pasangannya. Mereka mungkin tampak menjauh, lebih pendiam, dan enggan berbagi pikiran serta perasaan bahkan merajut pengalaman bersama.

4. Konflik dan ketegangan meningkat

Pasangan yang harmonis bukan tidak bertengkar atau berbeda persepktif. Tetapi mereka bisa terbuka satu sama lain dan menghormati sekaligus memberikan perhatian. Namun konflik dan ketegangan meningkat dalam hubungan mungkin mengindikasikan masalah yang belum terselesaikan. Pasangan yang merasa tidak puas dalam hubungan mungkin lebih argumentatif, defensif, atau kritis sehingga menyebabkan perselisihan memanas.

5. Menyimpan rahasia

Memang tidak semua harus diceritakan pada pasangan, tetapi kalau pasangan Anda menunjukkan perilaku tertutup. Seperti tidak jujur tentang keberadaan, aktivitas, atau berinteraksi dengan siapa saja. Mereka mungkin menyimpan rahasia sehingga menimbulkan rasa curiga dan tidak percaya.

6. Mencari validasi di luar hubungan

Tanda pasangan tidak puas dalam hubungan, ini yang paling tidak menyenangkan. Ia biasanya akan mencari validasi, perhatian, atau dukungan emosional dari sumber di luar hubungan. Ia mungkin akan mengandalkan orang lain untuk mendapatkan kepastian atau kepuasan alih-alih bersama pasangannya.

Itulah tanda pasangan tidak puas dalam hubungan. Selain tanda di atas, Brogaard juga mencatat, bahwa pasangan mungkin akan menghindar membuat prioritas serta tujuan bersama.