Bagikan:

YOGYAKARTA - Tanaman bajakah memang cukup asing ditelinga kita bukan? Mengingat jarang yang menyadari akan manfaat dari kayu bajakah ini, apalagi soal efek samping kayu bajakahnya, tentu saja hal itu bakal kita bahas di sini.

Pohon Bajakah Itu Seperti Apa?

Tanaman Bajakah atau dikenal dengan Kayu atau akar bajakah merupakan tanaman khas Kalimantan Tengah yang digunakan untuk pengobatan kanker secara turun temurun oleh nenek moyang suku Dayak.

Bagi pengujian laboratorium, tumbuhan ini memiliki zat-zat anti-kanker di antara lain saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, alkaloid, flavonoid. Tumbuhan ini dikatakan cuma terdapat di Kalimantan Tengah serta berkembang dalam jumlah terbatas.

Tumbuhan bajakah berkembang di lahan gambut hutan pedalaman Kalimantan serta mempunyai wujud batang bersulur. Tumbuhan ini berkembang dengan metode merambat walaupun mempunyai batang yang lumayan kokoh serta besar. Dikatakan kalau tumbuhan ini tidak bisa dibudidayakan sebab cuma hidup di lokasi rimbun di mana cahaya matahari tidak banyak masuk sebab tertutup rimbunnya hutan.

Tumbuhan ini tiba-tiba jadi viral sehabis 2 orang siswi dari SMA Negeri 2 Palangkaraya, Aysa Aurealya Maharani serta Anggina Rafitri mendapatkan medali emas pada kompetisi World Invention Creativity Olympic (WICO) 2019 yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 25 Juli 2019. Kompetisi ini termasuk besar sebab diiringi ribuan siswa siswi dari 22 negeri berbeda di seluruh dunia.

Efek Samping Kayu Bajakah

Bukan hanya akar bajakah, apapun tipe tumbuhan herbal yang Kalian konsumsi secara berlebih dapat memunculkan resiko efek samping yang berbahaya. Oleh karena itu, pakai takaran yang seimbang supaya tidak terjadi dampak yang membahayakan untuk badan serta kesehatan Kalian.

Nah, biar Kalian semakin berwaspada lagi saat ingin mengkonsumsi tumbuhan herbal akar bajakah, ketahui dahulu bahaya apa saja yang bisa mengintai Kalian. Berikut ini merupakan beberapa bahaya dari mengkonsumsi akar bajakah yang harus Kalian waspadai:

I. Gagal Ginjal

Menurut penelitian, terdapat beberapa pengguna yang alami efek samping akar bajakah. Umumnya, efek samping semacam ini terjadi pada saat Kalian kerap mengkonsumsi akar bajakah dalam jangka waktu lama serta terus-menerus.

Perihal semacam ini terjadi sebab adanya isi senyawa kimia beracun serta logam berat yang bisa merangsang respon negatif pada badan. Pemakaian akar bajakah yang tidak diimbangi dengan formula dokter pasti lebih berpotensi menyebabkan Kalian terserang gangguan pada sistem ginjal.

Bila dibiarkan serta tidak lekas ditangani sesuai resep dokter, maka dapat merangsang terbentuknya gagal ginjal. Inilah salah satu efek samping yang bakal Kalian rasakan saat mengonsumsi obat berbahan dasar akar bajakah secara sembarangan.

II. Gangguan Pada Liver

Tidak hanya gangguan pada sistem ginjal, efek samping lain yang mungkin dialami pada pengguna akar bajakah yaitu alami gangguan liver. Penyebabnya juga nyaris sama, yakni pemakaian akar bajakah selaku obat herbal secara berlebih.

Bila Kalian mau memakai akar bajakah selaku obat alternatif buat menyembuhkan penyakit Kalian, hendaknya dicoba atas resep dokter. Tanpa adanya resep yang cocok, takaran yang Kalian pakai saat mengonsumsi obat herbal ini malah justru bakal memperparah keadaan kesehatan Kalian.

Gangguan pada sistem liver pula dipicu dari kandungan zat yang ada di dalam akar bajakah. Kandungan yang ada di pangkal bajakah tentu ada yang berguna untuk penyembuhan serta terdapat pula yang dapat memperburuk kesehatan Kalian. Maka dari itu, bijaklah saat mengkonsumsi obat herbal semacam ini.

Selain itu kalian juga perlu mengetahui “7 Manfaat Bunga Nasturtium”.

Jadi setelah mengetahui efek samping kayu bajakah, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!