Selain Menenangkan, Ini 6 Efek Positif Memeluk Buah Hati
Ilustrasi ibu memeluk anak (Pexels/Gustavo Fring)

Bagikan:

JAKARTA – Memeluk buah hati merupakan satu cara mengungkapkan perasaan. Barangkali, sejumlah orang tua telah mencukupi seluruh kebutuhan anak, namun ada hal yang tak bisa diabaikan untuk mengekspresikan kasih ke anak, yaitu dengan memberikan pelukan.

Ternyata memberikan satu bentuk afeksi, pelukan juga memiliki berefek positif sebagai berikut:

Membangun kedekatan emosional

Apabila anak sering memberontak, maka memeluknya adalah satu cara membuatnya lebih tenang. Mungkin, awalnya buah hati akan canggung apalagi saat ia sudah mandiri. Namun, jika dilakukan dengan ketulusan maka ia akan merasakan transfer emosi atau memperkuat kedekatan emosional.

Memicu produksi hormon bahagia

Dua hormon, yaitu oksitosin dan endorfin bertanggung jawab penuh atas hadirnya rasa bahagia serta rileks. Saat memeluknya, tidak hanya buah hati saja yang merasakan bahagia. Anda sebagai orang tua juga merasa lebih tenang pun juga bahagia.

Hal tersebut diatas dijelaskan oleh Kathleen Keating dalam The Hug Therapy. Pelepasan hormon oksitosin dan endorfin pada anak bermanfaat untuk perkembangan fisik maupun mental.

Pernyataan psikolog Kathleen Keating juga dibuktikan dalam penelitian di Bliss Hospital di Montreal. Dalam penelitian tersebut, bayi prematur disarankan dipeluk ibunya. Cara ini disebut dengan metode kanguru yang berfungsi lebih efektif untuk menstimulasi pertumbuhan anak.

Mendorong otak anak jadi lebih cerdas

Masih berkaitan dengan pelepasan hormon oksitosin pada anak ketika dipeluk orang tuanya. Okstosin bisa menjalin koneksi antar sel di otak. Semakin banyak koneksi, semakin cerdas kerja otak. Selain itu, sentuhan afektif juga bisa menstimulasi saraf sensorik anak.

Anak semakin percaya diri

Kadang rasa tidak percaya diri yang dialami anak hadir karena merasa tidak aman, takut, dan terasing. Nah, dengan memberi pelukan maka rasa percaya dirinya meningkat. Anak lebih merasa nyaman, aman, dan merasa tidak sendirian.

Menyeimbangkan sistem imun

Hormon oksitosin yang dilepaskan bisa bermanfaat menyeimbangkan sistem imun pada anak. Maka, memeluknya adalah satu cara ampuh untuk membuatnya tetap sehat dan jika terluka akan lebih mudah sembuh.

Mengurangi stres

Suasana hati anak dapat berubah-ubah karena mersa lelah dan stress, masalah ini bisa direduksi dengan pelukan. Itu artinya memeluk buah hati merupakan cara paling ampuh untuk membuatnya tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

Enam manfaat memeluk anak di atas, bisa dilakukan kapanpun. Dengan tetap menjaga interaksi antara orang tua dan anak maka ikatan emosional juga akan terjalin lebih kuat.