Biar <i>Gak</i> Selalu Tegang, Begini 7 Cara Menemukan Keseimbangan dan Ketenangan Diri
Ilustrasi cara menemukan keseimbangan dan ketenangan diri (Unsplash/Jenna Anderson)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketegangan hidup perlu diseimbangkan dengan perasaan tenang dan rileks. Pada hari-hari kerja, mungkin Anda telah menyelesaikan banyak persoalan. Nah, menjelang akhir pekan, tak ada salahnya mencari aktivitas menenangkan seperti rekomendasi berikut ini.

1. Meditasi

Meditasi bisa dilakukan setiap kali Anda merasa tubuh gemetar, pernapasan pendek, dan detak jantung meningkat. Dengan melakukan meditasi yang bertumpu pada napas, Anda bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan otot, dan menjernihkan pikiran. Menurut Julia Kogan, psikolog yang berbasis di Florida dilansir Psych Central, Jumat, 26 Agustus, berlatih pernapasan selama 5 menit setiap hari pada waktu yang sama untuk mendapatkan manfaat positif.

2. Menulis jurnal

Jurnal harian bisa membantu Anda mengidentifikasi persoalan yang sulit berkaitan dengan pikiran dan perasaan. Dengan menuliskan dalam jurnal, Anda bisa mengenali arus kesadaran dan membuat petunjuk dalam menerjemahkan emosi yang sulit.

cara menemukan ketenangan diri
Ilustrasi cara menemukan keseimbangan dan ketenangan diri (Unsplash/Lenin Estrada)

3. Menangis

Menurut studi tahun 2020, menangis adalah bentuk penghilang stres dan pelepasan emosional. Ini bisa membantu menurunkan hormon stres atau kortisol dan mengatur detak jantung Anda.

4. Dengarkan musik

Membuat daftar putar musik merupakan ide bagus untuk membantu Anda merasa lebih baik. Bisa didengarkan ketika sedang mengemudi, atau sedang bersantai di rumah sembari menari. Musik, dapat menjadi alat yang ampuh untuk menenangkan diri, menurut studi tahun 2019. Studi tersebut menemukan bahwa mendengarkan musik klasik selama 60 hari dapat memberikan efek terapeutik pada siswa yang mengalami kecemasan.

5. Coba teknik grounding

Teknik grounding dilakukan dengan mengaktifkan indra yang dapat membantu Anda merasa lebih ‘membumi’. Maksudnya, Anda tidak overthinking dengan masa depan atau dihantui pengalaman masa lalu. Beberapa ide untuk teknik grounding, antara lain membaca buku, menonton film favorit, rileks dengan minyak esensial lavender, menikmati secangkir teh hangat, memeluk hewan peliharaan, atau mandi air hangat.

6. Kontak fisik

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa kontak fisik dapat mengurang hormon stres. Ini bisa dilakukan sendiri, atau tidak bergantung pada orang lain. Seperti dengan meletakkan tangan di atas jantung atau lingkarkan tangan dengan erat di bahu untuk memeluk diri sendiri.

7. Olahraga atau yoga

Olahraga dengan intensitas ringan, misalnya jalan-jalan pagi di taman bisa membantu merasa lebih tenang. Bisa juga dengan berlatih yoga yang dibuktikan dapat melepaskan neurotransmiter perasaan baik di otak, seperti endorfin dan dopamin.

Itulah ketujuh cara yang direkomendasikan untuk membangun hidup lebih seimbang. Positifnya, Anda bisa lebih tenang dan enggak selalu tegang menyelesaikan tugas-tugas harian.