Atasi Insomnia dengan 6 Langkah Sederhana
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan otak agar dapat bekerja secara maksimal. Namun sayangnya sebagian orang mengalami insomnia atau kesulitan tidur sepanjang malam.

Perlu diketahui jika kualitas istirahat yang kurang akan memengaruhi banyak bagian tubuh seperti  memori, suasana hati, emosi, dan berbagai fungsi biologis lainnya. Melihat begitu pentingnya istirahat, ada 6 cara sederhana untuk membuat tidur lebih baik 

Menurunkan suhu ruangan

Jika ingin mendapatkan tidur yang baik, ada baiknya untuk menyetel suhu ruangan hingga suhu yang sesuai yaitu sekitar 19- 20 derajat celcius. Namun tentunya preferensi ini sangat berbeda sehingga temukan yang sesuai untuk tubuh.

Selain itu cobalah untuk mandi air hangat untuk membantu mempercepat perubahan suhu tubuh yang lebih dingin, kemudian nantinya kondisi nyaman inilah dapat mengirim sinyal ke otak untuk segera tidur.

Hal ini terbukti dengan adanya penelitian kesehatan yang menemukan kalau efisiensi tidur dan kualitas tidur berubah setelah orang-orang mandi dengan suhu air 40,0 - 42,5 derajat celcius sebelum 1 hingga 2 jam sebelum waktu tidur mengalami hasil yang positif.

Menggunakan metode pernapasan 4-7-8

Apa itu metode 4-7-8? Sebuah hasil temuan yang dikembangkan Dr. Andrew Weil yang mengacu pada pernapasan dan mampu meningkatkan ketenangan dan relaksasi. Cara sederhana Ini mampu membantu kamu bersantai sebelum tidur.

Pola ini dilakukan berdasarkan teknik kontrol napas sama seperti sedang melakukan yoga, dan terdiri dari pola pernapasan yang melemahkan sistem saraf. Selain untuk menenangkan, metode ini dapat kamu lakukan saat cemas atau stres.

Langkah-langkah:

-Pertama, letakkan ujung lidah di belakang gigi depan atas

- Buang napas sepenuhnya melalui mulut dan buat suara "wuss".

- Tutup mulut, dan tarik napas melalui hidung sambil menghitung sampai 4 secara mental.

- Tahan napas, dan hitung secara mental sampai 7.

- Buka mulut dan buang napas sepenuhnya, buat suara dan mulai menghitung sampai 8.

- Ulangi cara ini setidaknya tiga kali lagi.

- Teknik ini dapat membuat kamu rileks dan membantu tertidur dengan cepat.

Menyesuaikan posisi tidur

Kualitas tidur yang baik mungkin bergantung pada posisi tubuh pada malam hari. Umumnya ada tiga posisi tidur utama yaitu telentang, tengkurang dan menghadap ke samping.

Dulunya posisi telentang dipercaya akan memberikan kualitas tidur yang terbaik, namun saat ini penelitian menunjukan kalau ini bukanlah yang terbaik karena dapat membuat saluran pernapasan tersumbat, apnea tidur, dan mendengkur.

Bahkan dari hasil penelitian mengatakan kalau posisi tidur menyamping jauh lebih baik dalam memberikan kualitas tidur yang tinggi

Membatasi kafein 

Kafein dipercaya untuk melawan kelelahan dan merangsang kewaspadaan otak, sehingga tidak mengherankan kalau secangkir kopi hampir menjadi hidangan utama di pagi hari. Selain itu jenis minuman lainnya seperti cokelat, kopi, soda, minuman berenergi juga berdampak pada kualitas tidur di malam hari.

Karena efek inilah ada baiknya untuk membatasinya dan mengganti  dengan beberapa jenis minuman yang lebih baik seperti teh kamomil,passionflower dan magnolia  yang terbukti meningkatkan tidur dan relaksasi.

Membaca

Aktivitas yang baik dan mampu mendorong anak-anak atau dewasa untuk tidur lebih lama. Namun hindari membaca dari elektronik ya, karena cahaya biru yang dihasilkan gadget mengurangi sekresi melatonin. Kadar melatonin yang menurun inilah akan membuat kamu lebih sulit untuk tertidur dan menyebabkan lelah keesokan harinya

Memilih perlengkapan yang tepat

Salah satu kesalahan yang membuat kamu merasa lelah meskipun telah tidur yang cukup adalah salah memilih bantal dan guling. Mengapa hal ini terjadi? Jawabannya karena jika memilih peralatan tidur yang salah akan membuat tubuh tidak nyaman, atau membuat tubuh mengalami ngilu keesokan harinya.

Sehingga pastikan untuk mempercayakan semuanya pada platform Ruparupa yang menyediakan perlengkapan berkualitas dengan harga terbaik. Dapatkan penawaran eksklusif untuk setiap penggunanya dengan cara mendaftarkan diri melalui web atau aplikasi.