Bagikan:

JAKARTA - Remaja, seperti halnya orang dewasa dapat memiliki beberapa kebiasaan buruk. Dan menghentikan kebiasaan tersebut memerlukan usaha dan niat. Jika anak remaja Anda melakukan beberapa kebiasaan buruk, penting bagi orang tua membantunya menghentikan kebiasaan tersebut sesegera mungkin. Sehingga dia dapat memulai masa remajanya dengan cara terbaik.

Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya ditinggalkan remaja, dilansir dari Very Well Family, Jumat, 14 Juni.

Menyalahkan Orang Lain

Usia remaja merupakan usia dimana seseorang sudah mulai bisa bertanggung jawab atas tindakannya. Jika anak cenderung menyalahkan orang lain atas tindakannya, beritahu dia kalau perbuatan tersebut tidaklah benar. Salah satu cara mencegah anak menyalahkan orang lain yaitu menyuarakan konsekuensi jika dia gagal menjalankan tugas.

Membiarkan Orang Lain Melakukan Sesuatu untuknya

Selain itu, di usia remaja anak juga kerap membiarkan orang lain melakukan segala sesuatu untuknya. Pastikan Anda menahan godaan untuk membersihkan kamarnya, mengerjakan pekerjaan rumahnya, atau membiarkan dia lepas dari tanggung jawabnya.

Mengeluh Terus-menerus

Jika anak remaja Anda tidak punya hal positif untuk dikatakan, mungkin ini saatnya membantu dia melakukan penyesuaian sikap. Jika Anda tidak melakukannya sekarang, masa remaja akan jauh lebih sulit.

Cobalah menunjukkan hal positif dalam situasi apapun dan beri tahu anak bahwa cara dia memilih bereaksi terhadap tantangan adalah sesuatu yang dapat dia kendalikan. Bersikaplah positif pada diri sendiri, karena anak memperhatikan tindakan Anda.

Kebersihan Diri yang Buruk

Sibuk dengan segala perubahan yang terjadi di sekitarnya membuat anak kadang lupa menjaga kebersihan diri. Pastikan Anda membekali anak dengan pengetahuan dan produk yang dia butuhkan untuk mempraktikkan kebersihan yang baik.

Sediakan sabun, handuk, sampo, dan kondisioner di kamar mandi dan pastikan dia mandi secara teratur, terutama setelah berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan.

Tidur Larut

Pertahankan jadwal tidur anak dengan ketat. Matikan perangkat elektronik secara bertahap di malam hari, mengajaknya ke kamar tidur, dan mendorong anak untuk tidur dan istirahat. Pastikan dia tidak memiliki televisi atau komputer di kamar tidurnya, karena hal itu dapat menggoda anak Anda dan menunda waktu tidur.

Bermalas-Malasan

Masa remaja sejatinya merupakan masa penentuan untuk masa depan. Jika tidak mampu memanfaatkan waktu selagi muda dan memilih bermalas-malasan, sulit kemungkinan untuk menjadi seseorang yang sukses.

Perlu diingat bahwa hidup bukan lagi soal kesenangan sesaat, tetapi juga harus memikirkan kehidupan jangka panjang. Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika tidak bermalas-malasan dan meningkatkan produktivitas dengan berbagai aktivitas positif.

Konsumsi fast food

Anak-anak muda sangat menyukai makanan seperti kentang goreng, burger, dan makanan fast food lainnya. Perlu diperhatikan bahwa kebiasaan ini perlu dihindari oleh anak remaja. Mengonsumsi fast food secara berlebihan akan merugikan mereka karena berefek jangka panjang.

Berbohong

Berbohong adalah satu kebiasaan buruk yang tidak baik bagi remaja. Jika seseorang terlalu sering berbohong, maka orang lain semakin tidak percaya dengan orang tersebut. Hal ini malah menimbulkan masalah baru dan dapat menyebabkan stres sampai mereka dewasa.  Maka ajarilah anak untuk selalu berkata jujur dan baik sejak kecil. Dengan bersikap jujur maka orang lain tidak akan memandang remeh dan menjaga reputasi anak hingga mereka dewasa.