Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejatinya otak merupakan bagian yang amat penting bagi tubuh kita, hal itu sebab otaklah yang bisa mengatur keseluruhan system di dalam tubuh agar berfungsi sebagaimana mestinya. Berhubungan dengan itu, kali ini kita akan membahas tentang makanan yang bikin otak rusak, apa saja? Yuk simak sampai selesai, ya!

Melansir dari Health Line, prediksinya pada tahun 2030 nanti bakal terjadi peningkatan demensia pada penduduk dunia dan kemungkinan besar 65 juta orang di seluruh dunia bakal alami demensia.

Nyatanya, makanan jadi salah satu aspek yang mempengaruhi terhadap kesehatan otak. Berikut merupakan beberapa makanan yang beresiko untuk kesehatan otak.

Makanan yang Bikin Otak Rusak

Ilustrasi Alkohol (Gambar Andrey Zvyagintsev -Unsplash)
Ilustrasi Alkohol (Gambar Andrey Zvyagintsev -Unsplash)

I. Alkohol

Pada saat dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas, alkohol memanglah bisa memberikan efek relaksasi. Tetapi jangan ditanya jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dampaknya dapat berakibat serius pada otak. Pemakaian yang sangat kelewatan dapat mengurangi volume otak, termasuk kehilangan ingatan, gangguan penglihatan, serta ketidakseimbangan kerja badan. Tidak menyudahi disana, pemakaian alkohol yang telah melebihi dosis hariannya bisa menimbulkan gangguan emosional.

II. Ikan yang Mengandung Merkuri

Merkuri merupakan logam berat yang bisa tersimpan dalam waktu lama pada jaringan hewan. Beberapa tipe ikan yang rentan terhadap merkuri yaitu hiu, makarel, serta tuna. Ada baiknya kalian menghindari mengkonsumsi tipe ikan-ikan tersebut yang tidak hanya beresiko buat otak juga beresiko buat organ-organ badan yang lain, semacam hati serta ginjal.

III. Lemak

Sangat banyak mengkonsumsi lemak bisa menimbulkan kerusakan otak. Alasannya, lemak dapat kurangi zat kimia yang melindungi otak dari Alzheimer. Mengonsumsi terlalu banyak lemak pula bisa memperlambat gerak motorik serta membuat tubuh lemas. Bahaya lain yang mengintai jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak yaitu sakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, serta kegemukan.

IV. Minuman Manis

Soda, minuman bergula, minuman cepat saji, serta minuman berenergi bisa beresiko untuk kesehatan otak. Minuman manis tidak cuma menaikkan lingkar pinggang, namun pula tingkatkan resiko diabet jenis 2 serta Alzheimer. Alasannya, isi fruktosa ataupun gula jagung yang tinggi mempunyai dampak negatif pada otak, yaitu menurunkan fungsi otak, memori, serta pembuatan neuron otak.

V. Karbohidrat Olahan

Pizza, pasta, serta burger merupakan tipe karbohidrat olahan yang beresiko untuk kesehatan otak. Alasannya, karbohidrat olahan memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa memunculkan peradangan pada bagian memori otak. Mereka yang mengkonsumsi karbohidrat olahan terlalu sering bisa alami penurunan memori.

Dibanding mengonsumsi makanan-makanan tersebut, ada baiknya kalian tingkatkan mengkonsumsi makanan yang bisa mengoptimalkan kerja otak semacam salmon, susu, serta sayur-mayur hijau tua semacam bayam serta brokoli yang bisa mengoptimalkan sistem kerja saraf pusat sehingga tingkatkan kemampuan memori serta fokus.

Tidak hanya dari makanan, metode lain buat melindungi kesehatan otak yaitu dengan kerap melatihnya lewat kegiatan semacam mengisi teka-teki silang, bermain catur, ser melaksanakan olahraga yang bisa merangsang ingatan serta motorik semacam zumba ataupun juga tipe berolahraga dengan penerapan teknik strategi.

Banyak membaca pula dapat jadi salah satu metode buat melatih ketajaman otak bekerja dengan tingkatkan daya analisis dan berpikir kritis lewat topik yang dibaca. Ikut serta dalam diskusi terbuka dan mengemukakan pendapat secara langsung serta berdiskusi merupakan salah satu tips lain mengoptimalkan kerja otak.

Ngomongin soal otak, kalian juga perlu tahu fakta menarkik bahwa: “Peneliti AS Berambisi Ciptakan Superkomputer dari Otak Manusia”.

Jadi setelah mengetahui makanan yang bikin otak rusak, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!