Bagikan:

YOGYAKARTA - Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang gejalanya sering tidak disadari. Penderita batu ginjal tidak merasakan gejala penyakit ini. Penyakit batu ginjal terjadi karena terbentuk endapan padat dan keras yang serupa batu di ginjal.

Gejala yang dirasakan oleh penderita batu ginjal, di antaranya mulai dari nyeri punggung bagian bawah, urine berdarah, demam, mual, atau urin keruh. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini ialah dengan mengonsumsi minuman penghancur batu ginjal. 

Rekomendasi Minuman Penghancur Batu Ginjal

Ada beberapa jenis minuman yang disarankan kepada penderita batu ginjal. Berikut ini rekomendasi minuman yang baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah batu ginjal:

Jus Kemangi

Daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan oleh masyarakat Indonesia. Daun kecil ini ternyata juga sering diolah menjadi jus untuk mengatasi gangguan pencernaan dan peradangan.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Saudi Journal of Biological Sciences pada tahun 2020, uji coba pada tikus menunjukkan bahwa jus kemangi dapat membantu mendukung fungsi ginjal karena kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

Namun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memahami hubungan antara jus kemangi dan batu ginjal. Selain itu, efek samping dari konsumsi jangka panjang jus kemangi juga belum diketahui secara pasti.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang diklaim bisa melarutkan batu ginjal. Selain membersihkan ginjal, cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat batu ginjal.

Menurut studi yang dipublikasikan di eBioMedicine, konsumsi cuka dapat mengurangi pembentukan batu ginjal. Saat ini, uji klinis pada manusia sedang dilakukan untuk membandingkan efektivitas cuka sari apel dengan beberapa minuman lain dalam mencegah batu ginjal.

Namun pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari satu gelas 236 mL campuran air dan cuka sari apel per hari. Selain itu, jangan mengonsumsi cuka sari apel dalam jumlah besar karena bisa merusak email gigi, menyebabkan asam lambung naik, dan menyebabkan sakit tenggorokan.

Air Putih

Air diklaim dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu ginjal dengan meningkatkan asupan air dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine menyarankan bahwa seseorang perlu mengonsumsi cukup air untuk menghasilkan sekitar dua liter urin guna mencegah batu ginjal. Perlu diingat bahwa dehidrasi juga jadi salah satu faktor risiko utama terbentuknya batu ginjal.

Jus Lemon

Menurut studi yang dipublikasikan oleh National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, menambahkan perasan lemon ke dalam air dapat mencegah pembentukan batu kalsium pada ginjal. Lemon mengandung sitrat yang diklaim dapat memecah batu-batu kecil sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Clinical Kidney Journal pada tahun 2020 menemukan bahwa suplemen kalium sitrat dapat mengurangi faktor risiko batu ginjal pada orang yang sebelumnya telah mengidap batu ginjal. Selain itu, lemon memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan menyediakan vitamin C bagi tubuh.

Jus Seledri

Seledri digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional sebagai obat untuk batu ginjal. Sebuah studi pada tahun 2019 yang dipublikasikan di Journal of Pharmacy and BioAllied Sciences menemukan bahwa ekstrak seledri membantu memecah batu ginjal pada tikus.

Kaldu Kacang Merah

Kaldu dari kacang merah adalah hidangan tradisional di India. Beberapa orang mengklaim bahwa obat ini dapat meningkatkan kesehatan saluran kemih dan ginjal, meskipun bukti ilmiah yang mendukung keampuhannya masih terbatas. Jika tertarik mencobanya, saring cairan dari kacang matang dan minumlah beberapa kali sehari.

Demikianlah beberapa minuman penghacur batu ginjal yang bisa dikonsumsi oleh penderita masalah kesehatan ini. Penderita batu ginjal bisa mengonsumsi sejumlah minuman di atas sebagai langkah pengobatan. Baca juga minuman dan makanan pembersih ginjal

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.