Selain Cinta, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan dalam Mempertahankan Pernikahan
Ilustrasi (Emma Wise/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap pasangan yang menikah, tentunya ingin hubungan jangka panjang sampai tua dan dipisahkan oleh maut. Kalau hanya dibayangkan yang manis-manisnya, Anda mungkin berpikir bahwa hidupmu sampai bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, bersama pasangan akan selalu indah dan romantis. 

Namun, kenyataannya kehidupan pernikahan tak melulu seindah bayanganmu. Bukan artinya tidak bahagia, tetapi banyak juga kesulitan yang harus dihadapi bersama. Setelah berumah tangga, Anda akan merasa cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan hubungan. Pastikan hubunganmu diwarnai lima hal berikut ini: 

Sama-sama belajar 

Saat pacaran, Anda dan pasangan mengalami beberapa masalah dalam hubungan. Setelah menikah, masalah demi masalah akan tetap ada dan harus dihadapi dan diselesaikan dengan baik.

Sebagai sebuah tim, Anda dan pasangan seharusnya selalu sama-sama belajar untuk berada di situasi dan kondisi yang baru kalian alami, masalah, ataupun drama berumah tangga. 

Ketika sama-sama ada keinginan untuk belajar dan beradaptasi, hubungan kalian pun akan punya kemungkinan besar untuk bertahan lebih lama. Namun, kalau satu pihak tidak melakukannya, tentunya risikonya juga besar untuk berpisah. 

Saling mendengarkan

Meski sudah menikah dan merasa mengenal pasangan lebih dalam, bukan berarti Anda tahu segalanya. Makanya, penting untuk tetap jadi pendengar yang baik bagi pasanganmu. Ini hal sepele tapi kadang orang suka lupa. Anda dan pasangan bisa saling menghargai ketika ada yang bercerita atau berkeluh kesah dengan menyimaknya sebaik-baiknya. Bukan cuma didengarkan selewat sambil sibuk sendiri. 

Quality time 

Ketika masih pacaran, Anda akan membayangkan hari-hari indah bersama pasangan dan kalian jadi punya banyak waktu berduaan karena tinggal seatap. Kenyataannya, setelah menikah, Anda dan pasangan tetap bisa sibuk dengan kegiatan masing-masing. Penting lho untuk meluangkan waktu untuk berduaan. 

Anda dan pasangan bisa membuat jadwal rutin untuk pergi keluar rumah bersama, nonton film di bioskop, makan malam, dan liburan. Quality time ini harus diusahakan agar kalian sama-sama selalu terkoneksi dari waktu ke waktu. 

Saling mendukung 

Orang akan selalu punya keinginan tak terduga dari waktu ke waktu. Selama itu masuk akal dan tidak berdampak buruk pada hubungan, kalian bisa terus saling dukung. Sebab, sebagai pribadi, Anda dan pasangan pun butuh untuk tetap berkembang dan mengejar sesuatu yang tidak selalu berurusan dengan rumah tangga. 

Bersabar saat ada masalah 

Cara bertahan dalam hubungan pernikahan adalah meningkatkan kesabaran. Masalah akan selalu ada, pun ada pula solusinya. Jadi, bersabarlah ketika menghadapi situasi yang tidak nyaman. Kalau butuh waktu untuk menenangkan diri, menjauh sejenak dari rumah, bahkan mencari bantuan dari psikolog atau konselor pernikahan, sah-sah saja untuk dilakukan selama ini memang keputusan bersama.