Penyakit Paling Langka di Dunia: Ada yang Bisa Sebabkan Orgasme Terus-menerus
Penyakit Paling Langka di Dunia (Gambar Azerbaijan Stocker-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bukan cuma dari gaya hidup yang kurang sehat, beberapa tipe penyakit dapat terjadi akibat terdapatnya kendala hormon ataupun perubahan genetik dalam badan. Apalagi, beberapa tipe penyakit langka bisa dirasakan saat bayi baru dilahirkan. Ingin mengenal beberapa penyakit paling langka di dunia?

Penyakit langka ialah kondisi gangguan kesehatan yang jarang terjadi ataupun cuma dirasakan oleh penderita yang sangat sedikit. Mengutip dari U.S. National Organization for Rare Disease, terdapat kurang lebih 7000 penyakit langka di dunia. Nah, tidak ada salahnya menyimak pembahasan beberapa penyakit langka berikut ini!

Penyakit Paling Langka di Dunia

1. Sindrom Adams-Oliver

Penyakit ini ialah keadaan bawaan langka yang mengaitkan perubahan pada anggota tubuh serta kulit kepala. Terdapat indikasi khas yang butuh diwaspadai, yakni timbulnya bekas luka pada kulit kepala yang tidak ditumbuhi rambut saat bayi dilahirkan.

Bukan itu saja, indikasi sindrom Adams-Oliver yang lain merupakan gangguan jantung, gangguan neurologis, sampai permasalahan pada bagian mata. Buat itu, sangat berarti melaksanakan pemeriksaan menyeluruh pada saat bayi dilahirkan buat memastikan keadaan kesehatannya dalam keadaan maksimal.

2. Persistent Genital Arousal Disorder

Penyakit ini banyak dirasakan oleh laki-laki dibanding perempuan. Pada laki-laki, Persistent Genital Arousal Disorder bakal menimbulkan pengidapnya alami ejakulasi tanpa ada rangsangan seksual.

Sebaliknya, pada perempuan, penderita bakal alami gairah intim yang cukup besar. Gairah intim ini bakal terus timbul walaupun penderita sudah alami orgasme.

Keadaan ini dapat berhubungan dengan terdapatnya kendala saraf pudendus, pemakaian obat- obatan tertentu, permasalahan psikologis, sampai kendala hormonal. Umumnya, perawatan dilakukan dengan menghentikan pemakaian obat yang dapat merangsang keadaan ini.

Terdapat pula beberapa obat yang bakal diresepkan buat menanggulangi gangguan saraf, sampai penyembuhan buat menanggulangi permasalahan hormonal.

3. Xeroderma Pigmentosum

Penyakit ini dikarenakan akibat kelainan genetik yang membuat penderitanya sangat sensitif terhadap paparan cahaya matahari. Indikasi ini telah bisa dirasakan semenjak penderita baru dilahirkan.

Terdapat beberapa yang butuh diwaspadai selaku indikasi xeroderma pigmentosum, yakni timbul bercak-bercak pada bagian badan yang terpapar matahari, kulit terbakar yang cukup parah, kulit penuh jaringan parut, sampai nampak gurat-gurat pembuluh darah kecil.

4. Harlequin Ichthyosis

Penyakit ini ialah salah satu penyakit langka yang melanda kulit. Penderita Harlequin Ichthyosis bakal mempunyai kulit yang kering, menebal di beberapa bagian, serta bersisik.

Perihal ini terjadi akibat terdapatnya mutasi genetik dalam badan yang menyebabkan produksi protein tidak berjalan dengan baik. Walhasil, kulit di beberapa bagian badan jadi kering serta menebal.

Keadaan ini telah dapat dikenali saat bayi dilahirkan. Tidak hanya kulit yang kering serta bersisik, terdapat beberapa ciri lain yang berkaitan dengan penyakit ini, semacam kelopak mata yang terlipat keluar, suhu badan rendah, dan ukuran tangan serta kaki yang nampak kecil.

5. Sindrom Gottron

Sindrom Gottron merupakan penyakit yang sangat langka yang ditandai dengan timbulnya indikasi penuaan dini pada penderitanya. Indikasi ini umumnya meliputi keadaan kulit yang rapuh serta tipis pada bagian tangan dan kaki.

Indikasi sindrom Gottron dapat nampak saat anak merambah usia balita. Apalagi, beberapa penderita sindrom Gottron dapat alami gejala sehabis dilahirkan.

Tidak hanya itu, penderita sindrom Gottron pula rentan alami kepikunan dini, gangguan endokrin, sampai katarak.

Ada satu lagi refrensi penyakit langka yang kalian bisa ketahui, baca juga: “Mengenal Penyakit Cornelia de Lange Syndrome”.

Jadi setelah mengetahui penyakit paling langka di dunia, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!