Berfikir Positif, Sandy Tumiwa Selalu Terapkan 3M dan Siap Divaksin
Sandy Tumiwa

Bagikan:

JAKARTA - Perilaku disiplin 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak harus terus dilakukan untuk menekan penyebaran virus COVID-19. 3M harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini.

Berdasarkan penelitian internasional, memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan COVID-19.

Mencuci tangan merupakan langkah 3M  juga bisa menurunkan risiko penularan COVID-19 dengan mematikan virus yang ada di tangan sehingga tidak masuk ke tubuh. 

Cucilah tangan menggunakan sabun selama 20-30 detik dan menerapkan langkah-langkah yang benar. Jika dalam kondisi tertentu, semisal tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah memakai cairan yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol seperti hand sanitizer.

Penerapan 3M yang paling utama adalah menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 1 meter, termasuk dengan menghindari kerumunan.

"Ayo kita terapkan 3M. Sukses bersama, salam sehat semua," kata Sandy ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta beberapa waktu lalu. 

Selain itu, Sandy juga mengaku siap menerima vaksin. "Saya siap mendapat vaksin, karena keyakinan kita pemerintah itu pelayan rakyat. Kalau kita yakin, kita bisa membangun imunitas kita," terangnya. 

Sandy Tumiwa menekankan selain 3M, menjaga imunitas juga sangat pentin. Karena itu, dia tak ingin negatif minde. "Kalau kita negatif minded bisa menolak, bahkan yang baik pun ditolak. Karena itu jangan negatif minded," tegasnya.