Mengenal Teknik <i>Soft Fascination</i>, Daya Pikat yang Lembut ini Menenangkan dari Stres dan Kewalahan
Ilustrasi teknik menenangkan dari stres dan kewalahan (Freepik/katemangostar)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hidup dalam penuh tekanan, seperti memiliki pekerjaan yang dikejar target, hubungan yang rumit, penyakit, ketidakpastian, dan kejadian di dunia yang mengerikan, bisa memicu stres dan kewalahan. Beberapa stres mungkin baik, tetapi jika berlebihan tidak akan membuat hidup lebih baik. Seorang psikoterapis, guru, dan penulis F. Diane Barth LSCW., mengulas tentang teknik soft fascination. Teknik ini menggunakan ‘daya pikat yang lembut’ bisa membantu mengelola stres dan kewalahan. Apa dan bagaimana cara menenangkan diri dari stres, kekhawatiran, serta kewalahan tersebut?

Teknik ini awalnya dikebangkan oleh psikolog lingkungan, Rachel dan Stephen Kaplan. Ini merupakan bagian dari teori pemulihan perhatian (attention restoration theory/ART). Teknik ini adalah cara menenangkan diri serta memulihkan otak yang stres dengan menghabiskan waktu di alam dan membiarkan fokus kita terlibat secara lembut. Mirip dengan meditasi, tetapi sedikit berbeda. Karena daya pikat yang lembut atau soft fascination ini hanya membutuhkan waktu duduk di pantai atau di tengah lanskap alam lainnya lalu mengamatinya dengan tenang tanpa berpikir.

teknik menenangkan dari stres dan kewalahan
Ilustrasi teknik menenangkan dari stres dan kewalahan (Freepik)

Penelitian dilansir Psychology Today, Senin, 6 November, menunjukkan bahwa berada di alam sering kali memberikan pemulihan. Barth juga mengutip Virginia Thomas, tulisnya “Di alam, pikiran kita dibiarkan melayang, menatap, mengembara, dan tenggelam dalam momen. Kita tidak fokus pada satu hal tertentu, kita menjelajahi dunia menggunakan berbagai indra daripada bekerja keras menyaring berbagai hal atas nama produktivitas”.

Teknik daya pikat yang lembut ini, bukan obat yang menyembuhkan segala kondisi mental dan emosional yang tertekan. Tetapi cara ini efektif untuk merilekskan otak, tubuh, dan seluruh diri Anda. Hal ini memungkinkan Anda melepaskan fokus dan perhatian yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari saat ini.

Kalau Anda berada di kota besar, saran Barth, Anda tidak perlu melakukan perjalanan di pegunungan atau seminggu di pulau terpencil untuk memanfaatkan pesona lembutnya. Jika Anda dapat meluangkan waktu sejenak di hari sibuk Anda untuk dengan lembut memusatkan perhatian pada situasi di luar diri, mungkin akan berefek sama. Anda bisa memusatkan perhatian pada langit, burung di luar jendela, bahkan tanaman sulur di luar jendela kantor Anda.

Daya tarik yang lembut tidak akan menghilangkan semua masalah Anda atau mengubah hal-hal buruk yang terjadi di dunia. Namun setiap kali Anda menenangkan diri dan menenangkan pikiran, Anda memberinya kesempatan untuk mengatur ulang. Barth menutup, pikiran yang lebih tenang lebih baik dalam memecahkan masalah yang membuat stres, kewalahan, atau takut. Artinya, cara soft fascination tidak akan mengubah segalanya, tapi mungkin cukup membebaskan pikiran Anda untuk menemukan beberapa solusi baru.