Berbasis Sains, Ini 9 Teknik Relaksasi yang Efektif untuk Mengatasi Cemas
Ilustrasi teknik relaksasi yang efektif dan dibuktikan sains (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik relaksasi yang efektif, salah satunya membantu mengatasi rasa cemas. Selain juga menetralkan energi setelah Lelah bekerja. Di samping itu, teknik tertentu perlu dilakukan untuk mencegah kesehatan menurun. Apa stretegi sederhana bisa dilakukan di rumah untuk merilekskan tubuh? Sains membuktikan sejumlah cara relaksasi yang efektif, berikut ini daftarnya.

1. Mewarnai

Bukan hanya anak-anak yang suka mewarnai. Sains juga membuktikan, aktivitas mewarnai yang dilakukan oleh orang dewasa dapat mengurangi kecemasan, selama bentuk yang diwarnai cukup kompleks. Artinya, Anda bisa memilih coloring book yang detail dan rumit untuk merilekskan dan menenangkan.

2. Mendengarkan musik

Setiap orang memiliki preferensi berbeda-beda soal musik yang disukai. Namun, sains membuktikan bahwa musik dengan nada lembut serta menenangkan membantu kita rileks. Melansir Psychology Today, Minggu, 12 Maret, penelitian menemukan mendengatkan musik yang menenangkan membantu lebih cepat mengurangi kortisol atau hormon stres.

teknik relaksasi yang efektif dibuktikan sains
Ilustrasi teknik relaksasi yang efektif dan dibuktikan sains (Freepik/lifeforstock)

3. Yoga

Penelitian menemukan, peserta yang telah 50 kali atau lebih berlatih yoga selama 3 bulan memiliki kortisol lebih rendah. Ini menunjukkan bahwa empat sesi yoga setiap minggu menjadi teknik relaksasi yang efektif.

4. Istirahat dari gawai Anda

Menghabiskan banyak waktu dengan gawai dikaitkan dengan tingkat depresi dan kecemasan lebih tinggi. Tetapi penelitian juga menunjukkan tergantung bagaimana kita menghabiskan waktu mengakses gawai pintar. Jika teknologi digunakan untuk membandingkan diri atau membaca informasi yang menekan, mungkin tidak baik untuk tingkat kecemasan kita. Tetapi jika gawai dipakai untuk terhubung dengan orang lain dan terlibat dalam aktivitas sosial, sebenarnya akan berefek lebih baik.

5. Berendam

Salah satu cara menenangkan tubuh dengan cepat adalah dengan berendam di air dingin atau di alam, seperti sungai atau pantai. Penelitian menemukan, menghabiskan 20 menit dalam air dingin sekitar 26 derajat Celsius dapat meningkatkan aktivitas parasimpatis dan dikaitkan dengan aktivitas parasimpatis. Ini dapat membantu merilekskan dan menenangkan.

teknik relaksasi yang efektif dibuktikan sains
Ilustrasi teknik relaksasi yang efektif dan dibuktikan sains (Freepik/lifeforstock)

6. Makan untuk relaksasi

Makan makanan tinggi asam lemak omega-3 dan probiotik, tampaknya mengurangi kecemasan. Anda bisa menambahkan ikan berlemak ke dalam makanan Anda. Di sisi lain, mengurangi minum kafein juga berguna mengurangi kecemasan. Artinya, Anda perlu mengontrol menu makanan sehari-hari serta mengatur jadwal minum kopi atau teh agar tak memengaruhi sistem kerja tubuh.

7. Tidur

Anda mungkin sudah tahu betapa pentingnya tidur untuk relaksasi. Ketika kita tidak cukup tidur, kita dapat memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi seperti norepinefrin dan epinefrin. Ini bisa membuat kita merasa lebih gelisah dan kurang rileks. Jadi pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup.

8. Menumbuhkan sukacita

Ada berbagai cara untuk bersenang-senang atau menumbuhkan sukacita. Tetapi poin yang paling esensial adalah bahwa kepositifan memiliki kekuatan untuk menghilangkan kenegatifan. Artinya, semakin banyak emosi positif maka akan menghasilkan lebih banyak emosi positif.

teknik relaksasi yang efektif dibuktikan sains
Ilustrasi teknik relaksasi yang efektif dan dibuktikan sains (Freepik)

9. Bernapas dalam

Cara lain untuk meningkatkan relaksasi adalah dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, tetapi salah satu yang tercepat adalah menarik napas dalam-dalam.

Banyak jenis pernapasan dalam yang bermanfaat, tetapi salah satu teknik yang didukung oleh penelitian adalah pernapasan SKY. Teknik relaksasi ini melibatkan pernapasan lambat, dengan ritme dua hingga empat napas per menit kemudian diikuti dengan pernapasan cepat dengan ritme 30 napas per menit. Meditasi SKY diikuti dengan melafalkan "Oms". Pernapasan SKY telah terbukti menurunkan kecemasan.

Itulah kesembilan teknik relaksasi yang efektif mengatasi cemas. Anda juga bisa melakukan rutin untuk tak hanya menyehatkan mental, tetapi juga membuat fisik lebih bugar.

Terkait