Apa Itu "Anxiety Depression"? Berikut Pengertian dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi penderita anxiety depression (Pexels/Engin Akyurt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anxiety disorder dan depresi adalah dua hal yang berbeda. Meski begitu, keduanya dapat dikatakan memiliki hubungan erat. Tak jarang, gangguan kecemasan dan depresi muncul secara bersamaan dan penderitanya bisa sangat kewalahan ketika mengalami anxiety depression. Lantas, apa itu anxiety depression?  

Penjelasan Soal Apa Itu Anxiety Depression?

Anxiety depression atau lebih akrab disebut gangguan kecemasan dan depresi (Mixed Anxiety and Depressive Disorder/MADD) adalah sebuah kondisi ketika seserorang mengalami gejala kecemasan maupun depresi. Akan tetapi, keparahan keduanya tidak memenuhi syarat untuk didiagnosis secara terpisah.

Sedianya, anxiety disorder erat dikaitkan dengan perasaan cemas, khawatir, dan ketakutan. Sementara orang yang depresi sering terlihat sedih, down, dan tanpa motivasi.

Gangguan kecemasan dan depresi disebut-sebut memiliki hubungan yang cukup erat karena adanya perasaan gelisah.

Anxiety disorder dapat menjadi gejala depresi berat. Di satu sisi, sangat jamak ditemukan kasus di mana kondisi depresi dipicu oleh gangguan kecemasan. Karenanya, banyak yang didiagnosa menderita gangguan kecemasan dan depresi klinis di saat yang bersamaan.

Cara Mengatasi Anixiety Depression

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Rabu, 28 Agustus 2022, yang pertama kali harus dilakukan ketika seseorang mengalami anxiety depression adalah mengunjungi psikolog maupun psikiater.  

Untuk mengatasi kondisi tersebut, pakar kesehata mental akan memberikan obat-obatan dan melakukan sejumlah terapi, seperti terapi perilaku kognitif, interpersonal, hingga terapi pemecahan masalah (problem solving).

Ilustrasi seseorang mengalami gangguan kecemasan
Ilustrasi (Tirachardz/Freepik)

Selain meminta tolong kepada profesional, Anda juga bisa mengatasi gangguan anxiety depression dengan cara-cara berikut ini.

  1. Mempraktikkan Teknik Relaksasi

Beberapa teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, dan latihan pemanasan bisa menjadi solusi untuk mengatasi anxiety depression.

Lakukan teknik ini selama 2 sampai 5 menit setiap harinya untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan dan depresi.

  1. Jalani Program Penurunan Berat badan

Rasa cemas dan depresi kerap dilampiaskan dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini perlu diubah, pasalnya, anxiety depression bisa dipicu oleh comfort Food (makanan yang umumnya tidak sehat).

Alih-alih konsumsi makanan yang tidak sehat, cobalah utuk menjalani program diet dengan menginsumsi buah-buahan, sayuran serta membatasi konsumsi alkohol, kafein dan makanan tinggi gula.

  1. Minta Bantuan Orang Terdekat

Ketika sedang berada di masa sulit, jangan pernah sungkan untuk meminta tolong kepada orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, teman atau pasangan.

Selain itu, Anda juga bisa berpartisipasi dalam sebuah grup kecil atau support group. Di dalam grup tersebut, Anda bisa saja menemui seseorang yang mempunyai kasus yang sama dengan Anda.

  1. Olahraga

Selain bagus untuk kesehatan fisik, olahraga juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mental.

Dengan rutin berolahraga, tingkat kepercayaan diri seseorang akan meningkat dan hubungan dengan lingkungan sekitar akan menjadi lebih baik.  

  1. Kerjakan Hal-Hal Positif dan Menyenangkan

Cara mengatasi anixiety depression yang terakhir adalah mengerjakan hal-hal positif dan menyenangkan.

Terkait hal ini, Anda bisa membersihkan dan merapikan kamar tidur, membuat tujuan baru, membaca buku bagus dan lain sebagainya.

Demikian informasi lengkap mengenai apa itu anxiety depression beserta cara mengatasinya. Ingat, jika perasaan cemas dan depresi muncul secara bersamaan, segera hubungi psikolog atau psikiater.