Pengertian Kecemasan dalam Bercinta dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Ilustrasi (Toa Heftiba/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kecemasan sebagai salah satu kondisi kesehatan mental, tak hanya datang saat Anda bekerja di kantor atau menghadapi keadaan yang membingungkan. Namun, kecemasan ini juga bisa terjadi di atas ranjang atau saat bercinta dengan pasangan.

Istilah kecemasan seks adalah sexual anxiety. Kondisi ini terjadi, misalnya, saat Anda telah bersama pasangan untuk sementara waktu dan tiba-tiba Anda merasa gugup saat akan bercinta. Jangan khawatir, kecemasan seks adalah hal yang cukup normal, dan bisa dialami pria atau wanita. 

Kadang-kadang, itu mungkin muncul bahkan jika Anda pernah berhubungan seks sebelumnya. Jadi, apa yang membuat seseorang memiliki kecemasan seperti ini dan bagaimana seseorang menghadapinya?

Pertama-tama Anda harus mengetahui dulu apa itu kecemasan seks.

Kecemasan seks atau kecemasan kinerja seksual memengaruhi orang-orang dari segala usia. Ini terkait dengan ketakutan bahwa Anda atau bagian dari Anda mungkin tidak menarik bagi pasangan Anda. Itu juga bisa muncul jika Anda merasa tidak akan bisa menyenangkan pasangan.

Inilah sebabnya mengapa kekhawatiran ini tidak tergantung pada seberapa banyak pengalaman seks yang Anda miliki. Anda bisa mengalaminya untuk periode waktu yang singkat atau untuk periode waktu yang lebih lama. Anda bahkan bisa mengalaminya saat bersama pasangan baru.

Menurut terapis seks dan pembicara TED Claudia Six, "pada wanita, kecemasan seks dapat muncul sebagai kesulitan untuk tertarik pada seks, kesulitan terangsang, atau kesulitan dengan orgasme."

Jadi, inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan seks.

Mencintai tubuh Anda sendiri

Anda harus mencintai tubuh Anda. Baik itu perut yang buncit, selulit di daerah paha, atau bagian tubuh lain yang tidak Anda sukai. Bagaimanapun, tubuh Anda adalah soulmate Anda!

Berolahraga atau meditasi

Meningkatkan hormon serotonin dapat membantu Anda mengatasi kecemasan seks. Berolahraga dapat membantu Anda menenangkan saraf dan meningkatkan hormon-hormon bahagia itu. Sementara meditasi akan membantu pikiran Anda terdorong ke sisi positif dan membatasi semua pembicaraan negatif di kepala Anda.

Ekspresikan fantasi seksual Anda

Tujuan bercinta bukan hanya untuk mendapatkan orgasme tetapi juga untuk membantu pasangan Anda mendapatkannya. Jadi, setelah Anda memahami apa yang Anda inginkan di tempat tidur, Anda perlu menyampaikannya kepada pasangan Anda. Bagaimanapun, Anda berdua ingin membuat satu sama lain merasa baik. Tidak adil bagi Anda untuk tidak memberi tahu pasangan, bagaimana dia bisa melakukannya untuk Anda!