Bagikan:

JAKARTA - Merasa cemas sebelum berhubungan seks adalah hal wajar. Namun, merasa sangat gugup hingga tidak dapat berhubungan seks atau menikmatinya bisa jadi itu merupakan tanda kecemasan performa seksual atau sexual performance anxiety.

Kecemasan performa seksual adalah jenis kecemasan performa yang memengaruhi aktivitas seksual secara khusus. Seseorang yang memiliki kondisi ini akan sering diliputi rasa takut bahwa mereka tidak akan mampu melakukan aktivitas seksual sebelum atau selama aktivitas seksual.

Gangguan ini lebih umum terjadi pada pria daripada pada wanita. Kondisi ini juga dapat menyebabkan perkembangan gangguan seksual seperti disfungsi ereksi. Kecemasan terhadap performa seksual tampak sedikit berbeda saat terjadi sebelum berhubungan seks dibandingkan saat berhubungan seks. 

Jika terjadi sebelum berhubungan, maka kemungkinan besar aktivitas bercinta tidak dilakukan. Sebab, akan sulit terjadi ereksi atau menahan untuk tidak ereksi. Namun, jika terjadi saat berhubungan seks, Anda akan merasa tidak bisa menikmati seks atau bahkan mencapai klimaks.

Jika tidak diobati, kecemasan terhadap performa seksual dapat menyebabkan disfungsi seksual lainnya dan menyebabkan Anda kehilangan minat pada seks dan aktivitas seksual lainnya. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa kecemasan terhadap performa seksual berperan besar dalam perkembangan disfungsi seksual pada pria dan wanita.

Gejala Kecemasan Performa Seksual

Tanda-tanda kecemasan performa seksual biasanya meliputi:

  • Tidak memiliki minat atau keinginan untuk melakukan aktivitas seksual
  • Ejakulasi dini saat berhubungan seks
  • Tidak dapat ereksi atau mempertahankan ereksi
  • Kesulitan mencapai orgasme saat berhubungan seks

Namun, gejala kecemasan terhadap performa seksual tampak sedikit berbeda pada wanita. Wanita dengan kondisi ini biasanya akan mengalami:

  • Vagina terasa kering
  • Kesulitan terangsang
  • Mengalami nyeri saat berhubungan seks

Cara Mengatasi Kecemasan Performa Seksual

Melansir Very Well Mind, Selasa, 22 Oktober, langkah pertama mengatasi kecemasan performa seksual adalah menghilangkan rasa malu yang mungkin Anda rasakan karena tidak memiliki kehidupan seks yang optimal. Dalam beberapa kasus, kecemasan performa seksual akan hilang seiring waktu, terutama dalam situasi yang disebabkan oleh memiliki pasangan seksual baru atau ketika masalah hubungan dengan pasangan Anda telah terselesaikan.

Orang dengan kecemasan performa seksual seringkali memiliki keyakinan yang salah bahwa mereka tidak mampu memuaskan pasangannya. Lebih berfokus pada kenikmatan Anda dan pasangan daripada seberapa memadai performa Anda dapat membantu mengatasi kecemasan.

Berikut beberapa kiat lain yang dapat membantu Anda mengatasi kecemasan performa seksual:

Bermeditasi: Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan performa saat berhubungan seksual yaitu meditas. Meditasi sering direkomendasikan untuk mengatasi segala bentuk kecemasan performa.

Masturbasi: Anda juga bisa mencoba masturbasi sendiri. Tujuannya yaitu dengan masturbasi, Anda bisa meluangkan waktu dengan diri sendiri sehingga nantinya diharapkan Anda untuk lebih memahami kebutuhan diri sendiri.

Singkirkan kecemasan dari kepala: Saat berhubungan seks, cobalah menghabiskan lebih banyak waktu menikmati gerakannya daripada mengkhawatirkan apa yang mungkin salah.

Terimalah bahwa seks tidak selalu sempurna: Akan ada hari-hari di mana Anda mungkin tidak merasa ingin berhubungan seks. Hal ini kemungkinan besar tidak ada hubungannya dengan kemampuan fisik Anda.

Pelan-pelan saja dan luangkan waktu: Terkadang, Anda mungkin tidak menghabiskan cukup waktu untuk melakukan foreplay bagi Anda dan pasangan.

Hilangkan stres: Salah satu penyebab kecemasan performa seksual adalah stres atas faktor-faktor lain dalam hidup Anda seperti keuangan atau pekerjaan. Mengelola stres dengan meditasi, olahraga, dan tidur teratur dapat membantu.

Bicaralah dengan terapis: Berbicara dengan terapis seks dapat membantu Anda menemukan akar kecemasan performa seksual Anda.