GERD Anxiety Adalah Rasa Cemas yang Muncul Bersama dengan Naiknya Asam Lambung, Ketahui Gejala & Pengobatanya
Ilustrasi penderita GERD Anxiety (Pexels/Sora Shimazaki)

Bagikan:

YOGYAKARTA – GERD Anxiety adalah rasa cemas yang muncul bersamaan dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Para peniliti meyakini rasa cemas bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap gejala GERD, terlebih ketika Anda memiliki riwayat GERD.

Informasi lengkap soal GERD Anxiety beserta gejala dan cara mengatasinya dapat simak pada ulasan berikut ini.

GERD Anxiety Adalah

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, GERD Anxiety adalah rasa cemas berlebih yang muncul bersamaan dengan timbulnya GERD.

Dikutip VOI dari Healthline, Minggu 22 Januari 2023, gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah sebuah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Seseorang yang mengalami refluks asam setidaknya dua kali dalam seminggu dianggap menderita GERD.

Sementara Anxiety adalah kecemasan berlebih yang muncul sebagai respons tubuh ketika seseorang mengalami stres, baik stres karena pekerjaan, masalah pribadi atau masalah dengan orang sekitar.

GERD dan anxiety mungkin terlihat tidak berhubungan, tetapi para peneliti percaya mungkin ada hubungan antara GERD dan kecemasan, meskipun sifat dari hubungan tersebut tidak jelas.

Hubungan GERD dengan Anxiety

Masih dari Healthline, sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menemukan bahwa kecemasan dan depresi dapat meningkatkan risiko GERD. Sebaliknya, efek negatif GERD juga dapat meningkatkan kecemasan dan depresi.

Kendati demikian, tidak ada bukti ilmiah yang menghubungkan kecemasan dengan peningkatan asam lambung.

Beberapa penelitian, termasuk penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal medis Gastroenterology, menunjukkan bahwa banyak orang dengan gejala kecemasan dan GERD memiliki kadar asam esofagus yang normal.

Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa kecemasan tampaknya meningkatkan gejala yang terkait dengan GERD, seperti mulas dan nyeri perut bagian atas. Diyakini bahwa kecemasan dapat membuat Anda lebih peka terhadap rasa sakit dan gejala GERD lainnya.

Gejala GERD Anxiety

Ilustrasi penderita GERD Anxiety
Ilustrasi penderita GERD Anxiety (Freepik/Benzoix)

Gejala GERD anxiety yang dirasakan bisa berbeda pada setiap orang. Akan tetapi, secara umum gejalanya dapat berupa mulas, mual, dan nyeri perut.

Gejala yang paling sering dirasakan yakni munculnya sensasi nyeri atau serasa seperti ada benjolan di tenggorokan, terutama saat Anda makan. Kondisi ini membuat makanan yang masuk seperti terjebak di tenggorokan.

Orang yang menderita GERD anxiety juga mengalami sensasi globus juga sering mengalami suara serak, batuk, atau keinginan untuk berdeham atau membersihkan tenggorokan terus-terusan.

Kondisi ini diperparah dengan anxiety, karena pola tidur penderita bakal ikut terganggu. Refluks asam yang meningkat akan semakin terasa nyeri saat Anda berbaring, sehingga Anda akan sering terbangun karenanya.

Keluhan lain yang kerap dilaporkan yakni nyeri pada dada. Gara-gara gejala ini, banyak penderita GERD anxiety yang mengira dirinya memiliki masalah jantung.

Gejala lain yang mungkin dirasakan penderita GERD anxiety, antara lain:

  • Sulit menelan makanan.
  • Mengeluarkan sedikit cairan atau makanan ketika bersendawa.
  • Merasa gelisah dan gugup.
  • Ketakutan seperti ada sesuatu berbahaya yang akan terjadi.
  • Detak jantung yang meningkat.
  • Hiperventilasi. 
  • Kesulitan mengendalikan pikiran
  • Sesak napas.

Pegobatan GERD Anxiety

Penderita GERD anxiety mungkin membutuhkan obat kombinasi untuk mengatasi kedua kondisi kesehatan tersebut. Obat yang diberika oleh dokter juga bergantung pada kondisi pasien.

Beberapa penderita GERD anxiety mungkin lebih membutuhkan obat penekan asam lambung. Ada pula pasien yang pengobatannya lebih berfokus terhadap masalah kecemasan.

Adapun obat yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi asam lambung, yakni antasida, penghambat reseptor H-2 untuk mengurangi asam lambung atau obat golongan proton pump inhibitors (PPI).

Sementara pilihan obat untuk mengatasi anxiety yang umum diberikan, yaitu obat antidepresan golongan benzodiazepine.  Hanya saja, obat ini bisa saja membangun toleransi penggunanya sehingga dapat menimbulkan ketergantungan. Maka dari itu, biasanya obat hanya diresepkan untuk waktu yang singkat.

Demikian informasi tentang penyakit GERD anxiety beserta gejala dan cara mengatasinya. Perlu diingat kembali, GERD anxiety adalah rasa cemas berlebih yang muncul bersamaan dengan timbulnya GERD.