Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam tahap interview, rekruter tentu mau mengetahui kalian lebih jauh. Itu sebabnya, kerapkali kalian diminta buat mendeskripsikan diri sendiri. Kalian wajib menarangkan diri kalian dalam konteks profesional, dengan metode mengaitkan pengalaman serta kualifikasimu supaya relevan dengan kandidat yang dicari rekruter. Ingin tahu beberapa cara menjawab pertanyaan deskripsi diri saat wawancara kerja?

Buat lebih jelasnya, pelajari cara untuk mendeskripsikan diri sendiri di bawah ini.

Cara Menjawab Pertanyaan Deskripsi Diri Saat Wawancara Kerja

1. Pahami Deskripsi Kerja Posisi yang Dilamar

Saat sebelum menanggapi pertanyaan interviewer mengenai deskripsi diri, alangkah baiknya kalian telah menguasai dengan baik deskripsi pekerjaan buat posisi yang kalian lamar. Tidak hanya itu, cari tahu pula calon karyawan semacam apa yang mereka cari serta mereka butuhkan buat mengisi posisi yang ada.

Setelah itu, seluruh data yang telah kalian miliki mengenai job description (deskripsi pekerjaan), tipe pekerja yang diperlukan, serta persyaratan yang lain, kalian hubungkan saja dengan kemampuan, keahlian, juga latar belakang pendidikan serta pengetahuan yang kalian miliki. Lebih bagus lagi jika kalian pula mempunyai pengalaman yang relevan dengan posisi yang kalian lamar.

2. Percaya Diri serta Fokus pada Hal Positif

Jawablah seluruh pertanyaan interview dengan percaya diri. Rasa percaya diri bakal membuat gestur badanmu jadi lebih baik, serta membuat kalian nampak sungguh-sungguh mau memperoleh posisi yang dilamar. Yakinlah kalau keahlian serta keterampilanmu bakal bermanfaat untuk perusahaan, sehingga dalam menjawab juga kalian dapat berbicara dengan mudah.

Tidak hanya itu, fokuskan jawaban pada hal- hal positif serta pakai pilihan kata positif yang menampilkan kelebihanmu, misalnya selalu optimis, sanggup berpikir kritis, jeli, team-player, memiliki integritas, jujur, dapat dipercaya, serta sebagainya.

3. Tonjolkan Pengalaman serta Pengetahuanmu

Pasalnya, terdapat tata cara yang dapat kalian pakai buat mendeskripsikan diri sendiri dengan baik, ialah metode STAR. Kalian dapat memakai metode STAR ini buat menonjolkan pengalaman, pengetahuan, sekalian kemampuan yang kalian memiliki. Caranya:

S = Situation: jelaskan situasi atau konteks yang sedang kamu hadapi.

T = Taskjob description, tugas, atau tanggung jawab kamu sesuai situasi di atas.

A = Action: tindakan yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tanggung jawabmu.

R = Result: hasil akhir.

Mendeskripsikan diri saat sesi interview ialah peluang yang tidak boleh kalian sia- siakan. Karena, inilah momen di mana kalian butuh meyakinkan interviewer kalau kalian merupakan kandidat potensial yang layak buat memperoleh posisi yang ada. Penjelasan yang kalian bagikan dapat pula dikembangkan dari apa yang telah kalian tulis di CV.

4. Berikan Kesan jika Kalian Senang Belajar Hal Baru

Hal penting lainnya yang butuh kalian tunjukkan kepada rekruter, kalian merupakan individu yang senang belajar hal baru. Kenapa ini penting? Karena, dunia kerja itu dinamis. Perubahan situasi, teknologi, tren, pola konsumsi masyarakat, persaingan bisnis, dapat terjadi kapan saja serta datangnya juga tiba- tiba. Otomatis tiap orang yang terlibat harus siap dan bersedia belajar lagi buat dapat menangani tantangan baru, yang mungkin solusinya juga baru.

5. Berikan Contoh yang Menunjang Pernyataanmu

Bila kalian memiliki pengalaman kerja ataupun pengalaman magang, maka lengkapi penjelasan kalian dengan contoh permasalahan yang menunjang cerita kalian tentang diri sendiri. Sedangkan bila kalian fresh graduate, kalian dapat memberikan contoh berdasarkan hasil belajar, analisis informasi yang sempat kalian jalani, ataupun implementasi kalian dalam kehidupan keseharian.

Jadi setelah mengetahui cara menjawab pertanyaan deskripsi diri saat wawancara kerja, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!,