Bagikan:

YOGYAKARTA - Lulus sekolah atau kuliah bisa dibilang baru awal, awal kalian masuk kedalam dunia nyata. Mengingat sudah saatnya mencari uang sendiri dan harus cari kerja. Butuh tips agar bisa menjawab interview kerja yang baik?

Tentu selaku pelamar kerja kalian berharap lolos, kan? Nah, pas banget sebab kali ini KitaLulus bakal bagikan panduan menanggapi persoalan interview yang cukup jitu.

Hal-hal yang Butuh Dipersiapkan Saat sebelum Interview

Melaksanakan persiapan saat sebelum interview merupakan perihal yang penting. Ini bakal jadi nilai tertentu di mata HRD. HRD bakal memperhitungkan kalian orang yang bersungguh- sungguh buat bekerja.

Berikut sebagian perihal yang butuh kalian siapkan saat sebelum wawancara.

1. Memakai Baju yang Sopan serta Rapi

Penampilan ialah perihal awal yang bakal dilihat serta jadi kesan pertama HRD kepada kalian. Oleh sebab itu, pakai baju interview kerja yang sopan serta apik, dengan begitu kalian bakal memperoleh nilai plus.

2. Mencari Informasi Tentang Perusahaan

Galilah informasi seputar perusahaan, sebab tidak menutup kemungkinan HRD bakal menanyakan pengetahuan kalian seputar perusahaan. Bila kalian telah mencari tahu sebelumnya, pasti kalian bisa memberikan jawaban terbaik.

3. Percaya Diri

Persiapkan diri sebaik bisa jadi serta senantiasa percaya diri saat menanggapi persoalan yang diajukan. Bila kalian nampak kurang percaya diri serta tidak tenang ini bakal pengaruhi jawaban kalian.

Maka tenang, percaya diri dengan begitu kalian bisa menjawab pertanyaan tidak terbata-bata serta bisa menanggapi pertanyaan dengan baik.

Contoh Menjawab Interview Kerja yang Baik

Sehabis kalian mempersiapkan seluruh perihal saat sebelum interview, berikutnya berarti untuk kalian buat mengenali metode menjawab pertanyaan interview yang baik serta benar.

Bila kualifikasi diri kalian bagus namun metode menjawab interview kurang baik, maka kesempatan buat diterima kerja bakal semakin kecil.

Dengan begitu, berguna sekali buat mengenali macam mana metode menanggapi pertanyaan interview yang diajukan HRD. Berikut ini sebagian contoh pertanyaan interview yang umum ditanyakan.

1. Bagaimana kamu Mendeskripsikan Diri Kamu?

Persoalan ini kerap diajukan dalam wawancara kerja. Pada dasarnya persoalan cerminan diri bertujuan buat mengenali kepribadian dasar kalian. Untuk perusahaan, ini penting.

Bila calon pekerja mempunyai kepribadian kokoh terlebih cocok dengan perusahaan pastinya bakal menarik atensi pemberi kerja.

Jawablah persoalan ini dengan membagikan kata- kata yang positif. Sesuaikan pula dengan posisi yang kalian lamar. Misalnya tekun, cermat, memiliki komitmen tinggi, bertanggung jawab. Pastikan memanglah kepribadian tersebutlah yang kalian miliki.

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Metode menanggapi pertanyaan interview ini yakni kalian wajib fokus kepada nilai-nilai positif perusahaan. Tunjukkan kalau perusahaan yang lagi dilamar ini mempunyai keunggulan-keunggulan yang membuat kalian tertarik buat bergabung.

Pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang menjebak. HRD bisa mengenali apakah kalian bersungguh- sungguh melamar di perusahaan ataupun tidak dari jawaban yang kalian berikan.

3. Kenapa Anda Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya?

Bila lebih dahulu kalian telah sempat bekerja, persoalan ini tentu bakal ditanyakan HRD. Metode menanggapi pertanyaan satu ini yakni senantiasa positif, tidak butuh menjelek- jelekan tempat kerja lamamu.

Kebalikannya, cobalah berikan jawaban kalau kalian siap buat memperoleh tantangan baru serta peluang baru.

4. Mengapa Perusahaan Kami Harus Menerima Anda?

Banyak para calon pekerja tiba- tiba hilang keyakinan diri serta mulai terbata-bata saat pertanyaan ini. Padahal ini merupakan peluang kalian buat meyakinkan HRD serta tim kalau kalian merupakan kandidat yang dicari dengan seluruh keahlian yang kalian memiliki.

Coba bagikan jawaban yang membuktikan kelebihan yang kalian miliki. Misalnya kalian sempat bekerja di industri ternama ataupun pengalaman kerja yang lain.

5. Apa Kelebihan Serta Kekurangan Anda?

Persoalan ini diajukan buat mengenali seberapa dalam kalian memahami diri sendiri. Sebutlah kelebihan kamu serta kaitkan dengan pekerjaan yang kalian lamar. Tetapi, jangan terlalu melebih- lebihkan juga.

Sebutkan pula kekurangan diiringi dengan kelebihan yang menunjang, contohnya “Saya memerlukan waktu buat membuat keputusan sebab saya wajib memikirkan tiap resiko dari keputusan yang saya ambil.”

Hindari menyebutkan kekurangan yang sesungguhnya perihal tersebut merupakan kelebihan, misalnya “Saya ialah pribadi yang perfeksionis”.

6. Berapa Pendapatan yang Kalian Harapkan?

Persoalan ini memanglah lumayan susah serta memanglah memerlukan perhitungan terlebih dulu. Tetapi masih ada metode menanggapi persoalan interview terpaut pendapatan yakni dengan mengenali standar pendapatan pada posisi yang kalian lamar.

Dalam lowongan yang dipasang, tidak jarang perusahaan memasang rata- rata pendapatan. Kalian dapat mengambil patokan dari situ supaya ekspektasi pendapatan yang kalian sampaikan masih dalam standar perusahaan.

7. Apakah Kalian Melamar ke Perusahaan Lain Saat Ini?

Apabila kenyataanya memanglah kalian melamar ke beberapa perusahaan, jauhi buat berbohong hanya karna khawatir tidak serius.

Sebutkan saja sebagian perusahaan yang kalian lamar. Bila nyatanya sebagian nama perusahaan yang disebutkan mempunyai kesamaan secara ciri serta sistem kerja, ini malah menguatkan alasan kalian buat dapat bekerja di posisi tersebut. Tekat kalian terlihat di sini.

8. Apakah Anda Mempunyai Pertanyaan?

Jauhi buat menjawab “tidak”. Hendaknya kalian telah mempersiapkan satu pertanyaan buat HRD ataupun pewawancara. Menjawab tidak bakal memberikan kesan kalian kurang bersemangat dengan proses wawancara.

Metode menjawab persoalan interview yang satu ini yakni dengan mengajukan persoalan seputar perusahaan, mulai sistem kerja, benefit yang kalian miliki bila diterima, berapa lama waktu istirahat, serta lain sebagainya.

Seperti itu sebagian metode menanggapi persoalan interview yang kerap ditanyakan HRD. Bagaimana, kalian semakin siap kan, untuk hadir wawancara?

Jadi setelah mengetahui bagaimana cara menjawab interview kerja yang baik, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!