YOGYAKARTA – Interview kerja tidak harus dilakukan secara tatap muka, HRD atau recruiter terkadang melakukan panggilan wawancara kerja via telepon. Simak contoh panggilan interview via telepon dalam ulasan berikut ini.
Interview Kerja Via Telepon Adalah
Interview kerja via telepon merupakan proses wawancara yang dilakukan recruiter atau HRD perusahaan untuk mengevaluasi kandidat melalui telepon.
Umumnya, pertanyaan yang diajukan dalam interview kerja via telepon berkisar tentang latar belakang dan pengalaman kandidat, motivasi melamar kerja, tujuan, dan rencana karier di masa depan.
Lewat pertanyaan ini, recruiter dapat menilai apakah kandidat cocok untuk pekerjaan yang posisi yang dilamar.
Contoh Panggilan Interview via Telepon
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa contoh panggilan interview via telepon yang sering dilakukan oleh recruiter:
Contoh 1: Panggilan pengantar
"Halo, selamat pagi. Apakah saya sedang berbicara dengan [nama Kandidat]? Saya [nama recruiter] dari [nama perusahaan]. Kami telah menerima lamaran Anda untuk posisi [posisi yang dilamar kandidat]. Apakah Anda memiliki waktu untuk berbicara sebentar?"
Perekrut biasanya akan mengawali percakapan dengan sopan untuk memastikan bahwa Anda bisa berbicara pada saat itu.
Contoh 2: Pemberitahuan Jadwal Interview
"Terima kasih atas waktu Anda. Kami ingin mengundang Anda untuk wawancara lebih lanjut terkait posisi yang Anda lamar. Jadwalnya adalah pada [tanggal dan waktu], melalui [media, misalnya Zoom atau datang langsung ke kantor]. Apakah jadwal ini cocok untuk Anda?"
Contoh 3: Pertanyaan Singkat
"Sebelum melanjutkan, kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan singkat terkait pengalaman Anda. Bisakah Anda menjelaskan pengalaman terakhir Anda di bidang [bidang pekerjaan yang dilamar kandidat]? Ini akan membantu kami memahami kecocokan Anda dengan posisi ini."
Pertanyaan singkat ini bertujuan untuk memastikan kandidat memenuhi kriteria awal.
BACA JUGA:
Tips Menjawab Panggilan Interview Via Telepon
Ketika menjawab panggilan interview via telepon, kandidat harus memberikan kesan profesional dan percaya diri.
Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, yakni menjawab panggilan telepon dengan sopan dan ramah, mengucapkan salam pembuka, dan memberikan jawaban yang jujur dan sesuai dengan kualifikasi.
Tak hanya itu, kandidat juga perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum wawancara, seperti mengetahui informasi dari perusahaan dan posisi yang dilamar, serta mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan umum yang kerap diajukan dalam interview kerja.
Berikut ini adalah beberapa tips menjawab panggilan interview kerja via telepon:
- Mengucapkan salam pembuka seperti “Selamat pagi/siang/sore, ini [nama Anda]”
- Berbicara dengan sopan dan ramah kepada recruiter
- Jika pewawancara memperkenalkan diri, gunakan sapaan “Bapak/Ibu” beserta gelar yang disebutkan recruiter saat memperkenalkan diri.
- Jika recruiter tidak memperkenalkan diri, tanyakan siapa yang sedang menelepon beserta nama perusahaannya.
- Jangan terburu-buru dalam menjawab pertanyaan, ambil sedikit waktu untuk memikirkan jawaban yang tepat.
- Berbicara dengan jelas dan tidak terburu-buru
- Jangan ragu untuk meminta recruiter mengulang pertanyaan jika dirasa kurang jelas
- Berikan respon yang jujur dan sesuai dengan kualifikasi Anda
- Di akhir sesi wawancara, pastikan Anda mengucapkan kata “terima kasih”
Demikian informasi tentang contoh panggilan interview via telepon. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.