Cara Mengetahui Pemilik Nomor Tidak Kenal Menggunakan Aplikasi Whoscall
Cara Mengetahui Pemilik Nomor Tidak Kenal Menggunakan Aplikasi Whoscall (Whoscall)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di era teknologi yang terus berkembang, banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan smartphone. Salah satunya adalah melacak pemilik nomor tidak dikenal masuk ke ponsel Anda.

Pasalnya, belakangan ini banyak orang mendapatkan panggilan telepon maupun pesan singkat dari nomor tidak dikenal. Hal itu pun sangat meresahkan, karena Anda tidak mengetahui siapa pemilik nomor tersebut.

Bisa jadi, hal tersebut merupakan salah satu modus penipuan yang belakangan semakin marak. Namun, jika nomor tersebut ternyata kerabat Anda atau orang yang memberi informasi penting, tentu akan merugikan jika diabaikan.

Oleh karenanya, banyak pengembang kemudian membuat fitur atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi nomor telepon yang masuk ke dalam smartphone atau telepon seluler Anda.

Salah satu aplikasi identifikasi nomor telepon adalah Whoscall. Aplikasi tersebut dapat mengidentifikasi panggilan yang tidak dikenal seperti nama pemilik nomor tersebut.

Oleh karenanya, pengguna sebagai penerima telepon atau pesan, dapat memilih untuk menanggapinya, atau memilih untuk mengabaaikannya apabila Anda tidak mengenal orang tersebut.

Di dalam artikel ini, tim VOI telah merangkum cara menggunakan aplikasi Whoscall, untuk mengetahui pemilik nomor tidak dikenal yang melakukan panggilan telepon atau pesan singkat ke nomor Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Whoscall

Untuk menggunakan aplikasi Whoscall, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store.

Setelah melakukan penginstalan, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terpasang di perangkat Anda. Setiap panggilan yang masuk pun akan diidentifikasi terlebih dahulu.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui identitas orang yang menelepon Anda dan memutuskan untuk menerimanya atau mengabaikannya.

Selain itu, Whoscall juga memungkinkan pengguna untuk memblokir nomor tertentu berdasarkan keyword yang tercatat pada database offline di dalam aplikasi.

Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari telepon dari nomor yang dimiliki oleh perusahaan tertentu atau orang tertentu.

Namun, pemblokiran dengan menggunakan keyword hanya dapat dilakukan apabila Whoscall memiliki database terhadap keyword yang ingin Anda blokir.

Sayangnya, kebanyakan keyword yang terdapat dalam database Whoscall merupakan nomor yang terdaftar di perusahaan atau instansi, sehingga untuk pengguna pribadi databasenya masih terbatas.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakannya karena dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi panggilan-panggilan yang masuk ke telepon Anda. Meskipun terbatas, tetapi database Whoscall cukup besar.

Demikianlah cara menggunakan aplikasi Whoscall yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi setiap nomor yang masuk ke telepon Anda. Oleh karenanya, pengguna dapat memutuskan untuk menerima atau mengabaikannya.