10 Tips Agar Diterima Kerja Saat Interview yang Harus Diketahui Fresh Graduate
Ilustrasi wawancara pekerjaan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tes wawancara atau interview merupakan tahapan seleksi penerimaan pekerja yang wajib dilalui. Sayangnya tak banyak pelamar yang berhasil melalui sesi ini karena kesalahan kecil. Jika Anda sedang mendapat undangan untuk wawancara, coba beberapa tips agar diterima kerja saat interview.

Tips Agar Diterima Kerja Saat Interview

Saat pelamar menjalani sesi interview, ada banyak hal yang menjadi bahan penilaian perusahaan kepada pelamar. Oleh karenanya, persiapkan diri sebaik dan semaksimal mungkin sebelum menjalani sesi wawancara. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pahami Perusahaan Lebih Dulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami perusahaan tujuan Anda bekerja. Hal ini penting dilakukan agar ketika proses wawancara berlangsung, Anda tahu apa yang baik dan tidak baik tentang perusahaan. Selain itu pemahaman terhadap perusahaan akan dinilai sebagai kesiapan calon pelamar dalam bekerja. Anda bisa mencari informasi terkait perusahaan lewat website atau media sosial.

  1. Pahami Bidang yang Dilamar

Anda juga harus memahami bidang dan bagian apa yang dilamar dalam perusahaan. Ketidakpahaman Anda kepada bidang atau posisi yang dilamar hanya akan membuat Anda nampak tidak kompeten dan perusahaan akan menyisihkan Anda.

  1. Pilih Pakaian yang Sesuai

Pakaian akan menentukan kesan pertama terhadap seseorang. Saat Anda mendapat undangan wawancara kerja, usahakan pakaian yang dikenakan sesuai dengan perusahaan. Misalnya, beberapa perusahaan besar akan menerapkan pakaian formal kepada pegawainya. Jangan sampai mengenakan pakaian yang terlalu mencolok.

  1. Datang Tepat Waktu

Saat diundang interview baik online maupun offline, Anda harus datang tepat waktu. Kebiasaan menunda waktu kedatangan adalah kebiasaan jelek dan akan membuat citra Anda di mata perusahaan sangat buruk.

  1. Bawa Berkas yang Dibutuhkan

Calon pelamar disarankan membawa berkas yang dibutuhkan seperti surat pengalaman kerja, sertifikat, dan sebagainya. Meski tak diminta untuk membawa, Anda bisa mempersiapkannya lebih dulu.

  1. Jangan Sampai Gugup

Kegugupan pelamar kerja saat proses wawancara sangat terlihat dan bisa mengurangi kesan baik terhadap Anda. Oleh karenanya usahakan agar tidak gugup saat bekerja dengan baik. Saat gugup coba tarik napas dalam lalu embuskan pelan-pelan.

  1. Bersikap Sopan dan Profesional

Kesopanan dan sikap profesionalisme sangat penting ditunjukkan saat proses interview. Dua hal itu akan menarik perhatian rekruiter terhadap calon pelamar. Jangan tunjukkan sikap yang berlebihan.

  1. Jangan Singgung Hal Buruk Tentang Perusahaan Lama

Tidak disarankan untuk mengungkit keburukan perusahaan yang telah ditinggal sebelumnya. Hal itu akan mengurangi kesan buruk terhadap Anda. Saat diminta untuk bercerita, Anda bisa menceritakan kasus di perusahaan secara umum saja.

  1. Ajukan Pertanyaan

Saat calon pelamar dipersilakan untuk bertanya, manfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin. Anda bisa mengajukan pertanyaan terkait perusahaan, program, atau kendala yang selama ini dihadapi oleh perusahaan.

  1. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Jangan pernah lupa mengucapkan ucapan terima kasih kepada pewawancara. Tindakan kecil tersebut berdampak besar kepada orang lain. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berterima kasih saat wawancara kerja selesai digelar.

Itulah tips agar diterima kerja saat interview. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungo VOI.ID.