8 Tips Tampil Percaya Diri Saat Wawancara Kerja
Ilustrasi wawancara kerja (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa kepercayaan diri saat wawancara kerja ikut menentukan besar atau kecilnya peluang pelamar diterima di posisi lowongan kerja. Oleh karenanya, para pelamar kerja disarankan untuk tampil percaya diri (PD) saat wawancara kerja. Untuk mendapatkan hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tampil Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Kepercayaan diri yang muncul saat tahap interview kerja penting untuk dimiliki karena jika tidak, pelamar akan merasakan gugup. Kondisi gugup yang menyerang saat interview akan berpengaruh pada gerak-gerik pelamar. Misalnya, pelamar jadi tidak lancar berbicara saat menjawab pertanyaan, atau melakukan blunder lainnya. Agar memiliki rasa percaya diri, cobalah mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Tulis Materi Wawancara

Cara ini banyak dilakukan oleh para pelamar kerja untuk menghadapi rasa gugup yang timbul akibat tidak percaya diri. Di tahap ini, pelamar bisa menulis daftar pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh HRD atau pihak pemberi kerja.

Selain itu, cobalah untuk menulis informasi penting terkait diri sendiri seperti pengalaman kerja, kemampuan dan keterampilan yang berkaitan dengan posisi jabatan, dan sebagainya.

  1. Latihan Bicara di Depan Orang

Rasa gugup yang muncul ketika tahap interview disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah pelamar yang tak biasa berbicara di depan orang. Untuk menambah rasa percaya diri, cobalah untuk berlatih berbicara dengan mengajak teman, keluarga, atau kerabat dekat Anda.

Posisikan Anda sebagai pelamar dan lawan bicara Anda adalah pihak pemberi kerja. Biarkan lawan bicara bertanya pertanyaan apapun yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Anda juga harus menjawabnya dengan baik seperti aslinya.

  1. Perbanyak Referensi Wawancara Kerja

Seorang fresh graduate biasanya tidak memiliki banyak pengetahuan dan informasi tentang proses wawancara kerja. Sebagai contoh, Anda adalah seorang fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja apapun. Maka disarankan untuk mencari tahu bagaimana situasi yang mungkin Anda hadapi saat wawancara kerja.

Referensi wawancara kerja bisa dilihat di media sosial seperti YouTube. Atau Anda bisa bertanya kepada orang lain tentang bagaimana pengalaman mereka saat wawancara kerja. Perhatikan kelemahan mereka saat wawancara agar Anda tak melakukan kesalahan yang sama.

  1. Latihan Napas

Saat gugup dan ketakutan, jantung akan sangat berdebar. Kondisi itu bisa diredakan dengan teknik pernapasan yang baik. Jauh sebelum wawancara usahakan untuk berlatih napas dengan baik. Melatih napas akan membuat Anda lebih rileks karena banyak oksigen dalam darah dan otak.

  1. Sugesti Diri dengan Hal Positif

Mensugesti diri sendiri dengan hal-hal baik akan membantu Anda lebih percaya diri dan mengurangi rasa gugup. Caranya beragam, contoh, Anda bisa berdiri di depan cermin lalu katakan pada diri Anda bahwa semua akan baik-baik saja. Atau katakan pada diri Anda bahwa Anda adalah orang yang berkompeten sehingga cocok untuk posisi yang dilamar.

  1. Siapkan Pakaian yang Sesuai Sehari Sebelum Wawancara

Mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan untuk wawancara cukup membantu meningkatkan rasa percaya diri. Berbeda jika Anda tidak melakukan persiapan tersebut. Anda bisa menggantungkan baju dan celana di hanger baju dan persiapkan sepatu yang sesuai.

  1. Kuasai Bidang yang Dilamar

Disarankan untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Sebagai contoh, Anda melamar sebagai sales marketing. Maka Anda harus tahu kemampuan apa saja yang dibutuhkan, bagaimana cara mereka bekerja, dan sebagainya.

  1. Datang Lebih Awal

Pelamar disarankan untuk datang ke lokasi wawancara lebih awal, misal 30 menit sebelum jadwal wawancara dimulai. Sambil menunggu, Anda bisa melihat-lihat situasi dan kondisi untuk mengurasi rasa gugup dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Itulah tips tampil percaya diri saat wawancara kerja. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.