Catat, Ini Dia 8 Tips Interview Kerja yang Wajib Dipelajari!
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mendapatkan pekerjaan memang tidak semudah yang diharapkan. Pastinya banyak pesaing yang akan dihadapi, baik fresh graduate maupun jobseeker lain yang menjadi tantangan tersendiri dalam memperoleh pekerjaan impian. Oleh karenanya, mencari sebuah pekerjaan merupakan langkah awal untuk membangun karir.

Ada sejumlah tahapan yang perlu dijalani oleh pelamar kerja, diantaranya mencari lowongan kerja, memasukan CV lamaran, interview kerja, finalisasi rekrutmen, dan melakukan tanda tangan kontrak. Tahap interview kerja adalah hal penting yang menjadi penentu masa depan karirmu.

Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan momen tersebut agar menyakinkan recruiter untuk menerima kamu di perusahaannya. Banyak persiapan yang perlu kamu ketahui dalam menghadapi wawancara kerja. Berikut tips kerja yang wajib dipelajari agar berhasil menghadapi HRD

1. Pahami dan Riset Tentang Perusahaan

Langkah pertama adalah mengetahui tentang posisi yang kamu lamar dan latar belakang perusahaan. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum hari wawancara dengan mempelajari visi misi, nilai yang diutamakan perusahaan, dan bidang industri dari perusahaan yang dilamar.

Ketahui profil perusahaan lewat situs resminya dan riset. Apabila kamu mempunyai kecocokan terhadap bidang tersebut, kamu bisa memiliki peluang besar untuk lolos dalam wawancara kerja.

2. Memahami Kelebihan yang Dimiliki

Setiap perusahaan mempunyai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja agar memenuhi tanggung jawab yang tercantum di deskripsi pekerjaan. Dalam melakukan wawancara kerja, kamu harus mengetahui potensi diri dan kelebihan yang kamu miliki.

Persiapkan pula ringkasan tentang penghargaan yang didapat dan pencapaian kinerja dari pengalaman kerja sebelumnya apabila ada pertanyaan menyangkut hal tersebut. Sehingga saat melakukan perkenalan diri, kamu sudah siap menunjukkan potensi dan kualitas yang kamu miliki.

3. Tampilkan Sikap Percaya Diri

Saat melakukan interview kerja, tampilkan sikap yang memberikan aura positif dan rasa percaya diri terhadap recruiter. Perhatikan gaya bicaramu dengan sopan dan berikan sikap profesional.

Hindari berbicara dengan nada memaksa atau ragu-ragu saat ingin menjawab pertanyaan. Sebaiknya, tunjukkan sikap antusiasme ketika menjawab dan buktikan kamu memiliki kualitas untuk tumbuh kembang di perusahaan tersebut.

Selain gaya berbicara, bahasa tubuh juga akan menentukan penilaian terhadap dirimu. Ketika masuk ruangan, sapalah atau beri salam dan tersenyum, lalu duduk dengan posisi tubuh tegak untuk menunjukkan kepercayaan dirimu.

4. Gunakan Pakaian yang Sopan dan Rapi

Untuk tampil lebih percaya diri, kamu juga harus memperhatikan penampilan saat akan melakukan wawancara. Terlebih lagi, ada beberapa perusahaan yang menginginkan kandidat dengan penampilan menarik.

Kamu bisa menggunakan pakaian yang nyaman, bagus, dan sopan agar kamu bisa tetap fokus saat menjawab pertanyaan. Gunakan pula sepatu tertutup, hindari memakai sandal jepit. Selain memberikan rasa percaya diri, penampilan juga dapat mempengaruhi impresi perekrut terhadap pelamar.

5. Jawab Pertanyaan dengan Jelas dan Jujur

Dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan, cobalah untuk menjawabnya dengan jujur, jelas, dan terstruktur. Sebisa mungkin beri jawaban dengan penjelasan atau informasi tambahan yang berkaitan dengan pertanyaan yang diberikan.

Kamu juga bisa menjawab pertanyaan sesuai pengalaman yang kamu punya sambil memberikan contohnya, sehingga memudahkan perekrut dalam memahami maksud jawabanmu.

6. Ajukan Pertanyaan

Pada proses wawancara, tidak harus selalu prekrut yang mengajukan pertanyaan. Sebaiknya, jadikan wawancaramu sebagai diskusi agar kamu bisa bersikap semangat terhadap interview yang dilakukan.

Kamu bisa menanyakan tentang beberapa informasi keseluruhan perusahaan dan posisi yang kamu ambil. Informasi ini bisa menjadi pertimbangan cocok tidaknya perencanaan karirmu dengan perusahaan tersebut.

7. Latihan Wawancara

Untuk mendapatkan hasil wawancara yang bagus tentunya harus melatih kemampuanmu dalam menghadapi wawancara. Meski tidak memberikan hasil yang sempurna, namun dengan berlatih akan memberikan kesan yang baik.

Mungkin kamu bisa mencari tahu mengenai pertanyaan interview yang umum ditanyakan. Kemudian, berlatih dalam menjawabnya dengan menghadap ke cermin. Jadi, kamu bisa melatih ekspresi wajah dan intonasi saat menjawab pertanyaan.

8. Datang Lebih Awal Sebelum Wawancara

Ketika akan melakukan wawancara kerja, sebaiknya kamu datang lebih awal sebelum wawancara dimulai. Tujuannya adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terkena macet, terjebak hujan, atau tertinggal bus. Maka dari itu, kamu bisa datang 30 menit lebih awal dari jadwal yang tertera.

Jika sudah sampai di tempat wawancara dan masih ada waktu, kamu bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak dan menenangkan diri untuk persiapan wawancara. Datang tepat waktu juga menjadi penilaian tersendiri yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin.

Tips wawancara kerja ini akan membantu kamu saat akan melakukan wawancara kerja. Kamu juga bisa tampil lebih percaya diri karena sudah memiliki persiapan sebelum menghadapi wawancara. Buat kamu yang sedang mencari info loker bisa cek di OLX untuk mengetahui lebih banyak info loker karawang dan lowongan kerja lain.