Bagikan:

YOGYAKARTA - Kata ‘crush’ sering berseliweran di media sosial dalam beberapa waktu belakangan. Mungkin Anda juga melihat teman-teman Anda menggunakan kata 'crush'. Istilah ini memang populer di kalangan anak muda untuk menggambarkan rasa suka atau seorang lawan jenis yang menjalin kedekatan. Lantas apa arti crush dan perbedaannya dengan pacar?

Istilah 'crush' kini telah menjadi bahasa gaul atau bahasa slang yang umum digunakan, terutama oleh anak-anak muda. Awalnya kata 'crush' makin populer karena biasa dipakai oleh pengguna media sosial, seperti TikTok dan Twitter. Biasanya kata 'crush' digunakan ketika membicarakan hubungan percintaan atau seseorang yang disukai. 

Sebagian orang mengira bahwa 'crush' sebagai kata ganti dari pacar atau kekasih. Padahal arti kata 'crush' berbeda dengan definisi pacar atau pasangan. Crush juga berbeda dengan gebetan. Mari simak dan pahami bersama apa makna kata 'crush' dan penggunaannya.

Apa Itu ‘Crush’?

Berdasarkan Britannica Dictionary, arti kata crush mengarah pada perasaan cinta romantis yang mendalam terhadap seseorang namun tidak diungkapkan dan bersifat sementara. Sementara dalam bahasa Inggris, kata ‘crush’ secara harfiah memiliki arti rusak, hancur, atau menghancurkan.

Jika dimaknai dalam konteks romantis, kata crush berarti suka dengan seseorang.  Biasanya seseorang yang disebut sebagai crush adalah individu yang masih usia muda atau punya sifat dan perilaku seperti anak muda. Berdasarkan Jurnal Sosiologi Andalas yang ditulis oleh Hatib Abdul Kadir, kata ‘crus’ artinya sama dengan ‘cinta monyet’.

Dalam bahasa Inggris, kata ‘crush’ bersifat oposisi atau kebalikan dari kata “true love” atau cinta sejati. True love yang dimaksud adalah rasa cinta yang dialami orang dewasa yang sudah memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen. 

Sementara itu berdasarkan Urban Dictionary, kata ‘crush’ bermakna seseorang yang membuat jantung berdetak lebih cepat yang tidak bisa digambarkan dalam satu kata, atau seseorang yang tidak bisa dilupakan. 

Kata crush juga dapat dimaknai sebagai keinginan untuk terhubung dengan orang lain secara ikatan lebih dalam. Crush tidak hanya diartikan sebagai cinta, namun juga bisa berarti mengidolakan atau kekaguman bukan dalam arti romantis. Crush juga tidak hanya dikaitkan dengan gebetan, namun juga bisa teman atau rekan kerja.

Makna Crush dalam Bahasa Gaul

Kata ‘crus’ yang sedang populer dimaknai sebagai cinta seorang anak atau remaja dengan rekan sepantaran atau seusianya. Crush juga didefinisikan sebagai perasaan cinta seorang remaja kepada orang yang lebih muda ataupun lebih tua usianya. 

Kata crush dalam bahasa gaul digunakan untuk menunjukkan seseorang yang disukai, gebetan, atau seseorang yang sedang menjalin kedekatan dengan Anda. Penggunaan kata crush misalnya, "I have a crush with this girl" yang artinya "aku naksir dengan gadis ini".

Perbedaan Crush dan Pacar

Berdasarkan KBBI, istilah pacar adalah teman lawan jenis yang memiliki hubungan tetap berdasarkan cinta kasih namun belum terikat perkawinan. Hubungan ini umumnya didasari oleh ketertarikan emosional dan fisik serta adanya kesepakatan antara kedua belah pihak untuk menjalin hubungan romantis.

Sebaliknya, makna kata naksir (crush) tidak ada hubungan atau komitmen resmi, melainkan hanya perasaan satu individu terhadap orang lain. Namun bukan tidak mungkin bahwa yang awalnya hanya sekadar naksir akan bisa berkembang menjadi hubungan pacaran.

Perbedaan Crush dan Gebetan

Menurut Britannica Dictionary, crush adalah perasaan suka yang bersifat sementara. Sementara itu, KBBI mendefinisikan gebetan sebagai seseorang yang sedang ditaksir atau disukai. Meskipun keduanya berarti menyukai seseorang, terdapat perbedaan antara crush dan gebetan.

Crush biasanya merujuk pada kondisi perasaan awal atau ketertarikan cinta dengan seseorang tanpa adanya hubungan atau komitmen. Perasaan ini sering kali didasarkan pada penampilan fisik atau kesan pertama, sehingga bisa bersifat sementara.

Di sisi lain, gebetan merujuk pada seseorang yang menjadi objek perasaan romantis yang lebih dalam dan biasanya sudah melibatkan beberapa interaksi atau pendekatan. Perasaan terhadap gebetan cenderung lebih dalam dibandingkan sekadar crush. Menurut Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, dalam bahasa gaul, gebetan berarti ‘calon pacar’.

Jenis-Jenis Kata Crush

Setelah memahami arti dari kata crush, selanjutnya Anda perlu tahu jenis-jenis crus berikut ini:

Platonic Crush

Platonic crush disebut juga dengan istilah the friendly. Crush jenis ini juga disebut sebagai ‘squish’. Crush ini menggambarkan seseorang yang membiarkan dirinya percaya dan sangat dekat dengan seseorang. 

Orang dengan tipe crush ini ingin selalu berada di dekat seseorang sepanjang waktu, tanpa adanya perasaan romantis atau cinta. Seseorang yang dituju tersebut dianggap spesial atau istimewa. Bisa dimaknai bahwa platonic crush adalah kedekatan dengan sahabat atau teman dekat. 

The Admiration Crush

Crush jenis ini terjadi ketika mengidolakan atau mengagumi seseorang. Orang yang mengalami crush ini memiliki perasaan yang sangat kuat terhadap orang tersebut, bisa dari karakter, penampilan, hingga perbuatan. 

Namun ketertarikan tersebut hanya bersifat kekaguman. Crush jenis ini kerap disalahartikan sebagai perasaan romantis karena ambisi akan kedekatan yang begitu intens. Contoh crush ini ditujukan kepada tokoh, artis, guru, hingga teman. 

The Passing Crush 

The passing crush terjadi ketika Anda tertarik pada orang lain. Jenis crush ini juga bisa terjadi ketika Anda berada dalam hubungan yang dekat dengan orang lain yang bukan pasangan Anda.

Namun rasa ketertarikan dalam crush ini hanya bersifat sementara atau sekilas. Misalnya ketika Anda melihat seseorang tampak menarik karena penampilan, perlakuan di waktu tertentu, atau membawa sesuatu yang unik.

The Romantic Crush

Jenis crush yang terakhir ini terjadi ketika Anda benar-benar naksir atau menyukai seseorang. Saat mengalami crush ini berarti Anda ingin melakukan hal romantis atau ingin bersama dengan orang tersebut lebih dari teman dekat. 

The romantic crush menggambarkan perasaan ketertarikan Anda untuk menjadi pasangan atau relationship dengan seseorang. Jenis crush ini memiliki fantasi ingin berpelukan, berpegangan tangan, hingga berciuman dengan orang yang disukai. Saat Anda sering merasakan crush ini bisa berarti memang benar-benar jatuh cinta. 

The Crush Rebound

Crush rebound merujuk pada perasaan tertarik secara romantis kepada seseorang yang muncul setelah mengalami patah hati atau setelah putus dari hubungan sebelumnya. Perasaan ini tumbuh ketika seseorang mencari pengganti atau distraksi emosional untuk mengatasi kekecewaan dari hubungan yang telah berakhir. Mungkin orang ini terpikat oleh orang lain sebagai cara untuk mengatasi perasaan kesepian, kecewa, atau kehilangan yang muncul setelah putus cinta.

Demikianlah ulasan mengenai arti crush dan perbedaannya dengan pacar Tidak sekedar memiliki makna cinta monyet atau ketertarikan, namun ada empat jenis crush dengan kondisi dan tingkat ketertarikan yang berbeda-beda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.