Kabar Duka dari Sang <i>Chandler Bing</i>, Matthew Perry Meninggal di Usia 54 Tahun
Matthew Perry (Instagram @mattyperry4)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Matthew Perry meninggal dunia pada Minggu, 29 Oktober 2023. Perry ditemukan meninggal tenggelam di bathtub panas di kediamannya di Los Angeles.

Ketika ditemukan pihak berwajib, Matthew Perry ditemukan tidak bernyawa sekitar pukul 16.00 dan tidak ada tanda-tanda pembunuhan atau narkoba.

Kepergian Matthew Perry menjadi dukacita di Hollywood. Nama Matthew Perry dikenal berkat peran ikoniknya dalam serial Friends yang berjalan selama 10 musim mulai 1994 hingga 2004. Ia memperoleh nominasi Primetime Emmy berkat perannya.

Kabar duka ini juga mengejutkan lantaran Matthew Perry baru mengunggah foto terbarunya di Instagram. Pihak Friends juga menyampaikan kabar duka ini melalui media sosial resmi mereka.

“Kami berduka atas kabar meninggalnya Matthew Perry. Dia adalah hadiah yang bernilai bagi kami. Hati kami tertuju kepada keluarga, orang-orang tercinta, dan seluruh penggemarnya,” begitu pernyataan akun serial Friends pada hari yang sama.

Masa Kejayaan Friends

Lahir pada 19 Agustus 1969 di Williamstown, Massachusetts, Perry tumbuh sebagai orang yang dekat dengan perpisahan ketika orang tuanya bercerai, alkohol, perkelahian dan lainnya. Pada umur 15 tahun, ia mulai belajar akting secara profesional.

Matthew Perry banyak membintangi film dan serial, namun serial Friends melambungkan namanya di industri hiburan. Salah satu serial terpopuler sepanjang masa itu menghadirkan cerita Perry dalam lapisan karakter, Chandler Bing.

Serial Friends menjadi budaya populer yang tidak lekang oleh waktu. Dialog, adegan, desain produksi, hingga karakternya selalu diingat oleh publik, termasuk Matthew Perry. Sang aktor juga berakting dalam serial Beverly Hills, 90210, Home Free, dan Who’s the Boss?

Karakter Chandler Bing yang diperankan Matthew Perry adalah sosok yang penuh sarkasme, kecanggungan, dan menghidupkan serial tersebut. Ia tinggal dengan Joey (Matt LeBlanc) dan Ross Gellar (Schwimmer). Ia menikah dengan saudara Ross, Monica (Courteney Cox) di akhir musim ketujuh.

Karakter itu tidak pernah meninggalkan Matthew Perry meski sang aktor membintangi berbagai judul film lainnya. Ketika mereka reuni di tahun 2021, Perry membawakan sejumlah dialog ikonik dalam acara itu yang sukses memenuhi kerinduan penggemar.

Buku Memoar dan Alkohol

Matthew Perry tidak pernah menyembunyi fakta bahwa dirinya dekat dengan alkohol. Kecanduan alkohol bermula di tahun 1997 setelah mengalami kecelakaan jet ski. Ia menjalani rehabilitasi pada tahun 2001 dan mengubah rumahnya di Malibu menjadi pusat rehabilitasi bernama Perry House yang berjalan hingga 2015.

Pada tahun 2021, ia menyatakan sudah pulih dari kecanduan alkohol. Hal ini juga ia ungkap dalam memoar terbarunya, Friends, Lovers, and the Big Terrible Thing yang dirilis pada tahun 2021.

“Halo, nama saya Matthew, meski Anda tahu saya dengan nama lain. Teman-teman saya memanggil saya Matty. Dan saya seharusnya mati,” tulis Matthew Perry dalam buku memoir itu.

Memoir itu juga menceritakan perjalanannya melepaskan diri dari kecanduan alkohol yang ia hadapi selama bertahun-tahun. “Saya menulis kata-kata ini agar orang lain merasa kebingungan dengan fakta bahwa mereka seharusnya berhenti minum - seperti saya,” katanya.

Dalam sebuah wawancara, Matthew Perry menyatakan ingin dikenang sebagai orang yang membantu orang lain untuk pulih dari kecanduan, bukan hanya serial Friends.

Pada hari ini, Senin, 30 Oktober, tribut untuk Matthew Perry disematkan di setiap episode serial Friends yang bisa ditonton di Max. Matthew Perry meninggal pada usia 54 tahun, tidak menikah dan tidak memiliki anak.