Cara Kerja di Luar Negeri: Siapa Bilang Kerja Keluar Sulit, Nih Beberapa Metodenya!
Cara Kerja di Luar Negeri (Gambar Icons8 Team - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa sih yang gak kepingin kerja di luar negri? Tentunya ini merupakan mimpi dari banyak anak muda deh! Tapi masalahnya, cara kerja di luar negeri itu gimana?

Tak bisa kita pungkiri bahwa dengan bekerja di luar negri itu bakal memberikan kita banyak sekali manfaat selain dari karir dan gaji, status sosial kita di masyarakat pun dapat terangkat.

Nah! Kali ini kita bakalan belajar beberapa cara kerja di luar negeri, yuk simak bagaimana caranya di bawah ini!

Cara Kerja di Luar Negeri

Saat ini, metode kerja di luar negara terbilang lebih gampang, sebab seluruh data tentang pekerjaan yang kalian mau dapat dicari di internet, tercantum persyaratan serta tipe pekerjaan yang lagi diperlukan saat ini.

Nah, buat kalian yang tertarik, ada sebagian metode kerja di luar negeri, ialah selaku berikut:

1. Cari Lowongan Via Job Portal

Seperti di Indonesia, teknik kerja di luar negeri yang pertama ialah mencari lowongan lewat job portal. Bila kalian mencarinya, sudah banyak job portal yang membagikan data mengenai lowongan pekerjaan di luar negara.

Kalian dapat menggunakan bermacam portal tersebut buat mencari pekerjaan cocok dengan atensi serta keahlianmu. Bila telah mendapatkan yang sesuai, persiapkan persyaratannya serta lamar pekerjaan tersebut.

2. Menjajaki Program Volunteer

Metode kerja di luar negara berikutnya ialah menjajaki program volunteer. Umumnya, banyak lembaga yang membuka program volunteer di sebagian negeri. Nah, buat mengawali karir di luar negara, kalian dapat menjajaki program tersebut, guna menaikkan pengalaman. Tetapi, kalian butuh tahu, kalau jadi sukarelawan mayoritas tidak digaji tetap.

Walaupun demikian, lembaga penyelenggara bakal senantiasa memberikanmu benefit yang lain, semacam tunjangan serta akomodasi. Buat kalian yang mencari kiat kerja di luar negeri lulusan SMA, menjadi volunteer dapat jadi solusinya.

3. Jadi Freelancer

Jadi freelancer ataupun pegawai lepas ialah salah satu metode kerja di luar negara tanpa anggaran. Dengan jadi freelancer, kalian dapat bekerja kapan saja serta dari manapun.

Metode ini sesuai buat kalian yang mau merasakan kerja di perusahaan luar negeri, tetapi masih belum siap buat tinggal di negaranya. Seperti pekerjaan pada biasanya, kalian wajib mempunyai kemampuan buat dapat bekerja selaku freelancer.

4. Menjajaki Program Magang dari Negeri Tujuan

Berikutnya, metode kerja di luar negeri yakni menjajaki program magang dari perusahaan negeri tujuan. Umumnya, perseroan luar negara membuka program magang buat seluruh orang dari negeri manapun. Buat memperoleh datanya, kalian dapat membuka web dari perusahaan yang mau kalian tuju.

Nah, buat kalian yang fresh graduate, menjajaki magang ialah metode kerja di luar negara lulusan S1 yang pas, sebab umumnya tidak membutuhkan kemampuan khusus.

5. Lewat Agen

Di luar negara, banyak lowongan pekerjaan buat bermacam jenjang pendidikan, termasuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jadi, kalian tidak butuh takut dengan pendidikan yang dipunyai saat ini. Ada pula salah satu metode kerja di luar negara lulusan SMK dan sederajat ialah lewat agen penyalur.

Bila kalian memakai metode ini, agen umumnya bakal membagikan bermacam dukungan, mulai dari mengurus berkas sampai mencari tempat tinggal. Tetapi, kalian perlu berwaspada serta memastikan kalau agen yang kalian pilih telah terpercaya, supaya tidak jadi korban penipuan.

6. Pertukaran Pekerja

Kiat kerja di luar negara berikutnya ialah lewat pertukaran pekerja. Yup, tidak cuma buat pelajar, program pertukaran pula ada yang buat pekerja, lho.

Umumnya, program ini diselenggarakan oleh perseroan buat para karyawannya. Jadi, kalian dapat cari tahu, apakah perusahaanmu mempunyai program ini. Bila iya, menggunakan program pertukaran tersebut buat memperoleh pengalaman kerja di luar negara.

7. Mengajukan Working Holiday Visa

Untuk yang berumur 18- 30 tahun, kalian dapat bekerja di luar negara dengan mengajukan Working Holiday VISA (WHV). Mempunyai WHV, memungkinkanmu buat dapat bekerja sekalian liburan di luar negara, menarik bukan?

Tetapi, metode kerja di luar negara ini mempunyai batasan waktu, di mana WHV cuma berlaku sepanjang 1 ataupun 2 tahun bergantung dari negeri tujuan.

Syarat Kerja di Luar Negeri

Sehabis mengenali cara kerja di luar negeri, bisa jadi kalian semakinmantap buat bekerja di luar negari ya kan? Bila iya, kalian butuh mempersiapkan syarat kerja di luar negara dengan matang, supaya prosesmu mencari pekerjaan lebih gampang.

Sesungguhnya, ketentuan yang wajib dipersiapkan tidak begitu berbeda dengan di Indonesia, yakni CV, portofolio, ijazah, surat rekomendasi, serta dokumen pendukung yang lain. Walaupun demikian, ada sebagian ketentuan kerja di luar negeri yang lain yang wajib kalian penuhi, di antaranya ialah:

  • Memiliki paspor
  • Memiliki VISA negara yang dituju
  • Memiliki kemampuan sesuai bidang yang dilamar
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Terdaftar sebagai peserta Jaminan Sosial

Jadi setelah mengetahui beberapa cara kerja di luar negeri, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!